nusabali

Berharap Ketajaman Trio Firmansah

Tottenham vs Liverpool, Jumat Dinihari

  • www.nusabali.com-berharap-ketajaman-trio-firmansah

Liverpool memang pantas diunggulkan. Namun, berkaca pada performa terkini, Spurs layak difavoritkan. Spurs tak terkalahkan dalam 8 laga terakhirnya, dan Liverpool menang sekali dalam tujuh laga terakhir.

LONDON, NusaBali
Liverpool berharap pada ketajaman trio Firmansah (Roberto Firmino-Sadio Mane-Mohamed Salah), saat menyambangi markas Tottenham Hotspur, pada laga lanjutan Liga Primer Inggris, di Tottenham Hotspur Stadium, London, Jumat (29/1) dinihari, pukul 04.00 Wita.  Di Liga Inggris, The Reds puasa gol dalam empat laga, yakni melawan Burnley, Manchester United (MU), Southampton, dan Newcastle United.

Namun pada laga terakhir melawan MU di Piala FA, Moh Salah kembali menunjukkan ketajamannya, dengan mencetakk dua gol. Meski kalah Liverpool 2-3, trio Firmansah pun cukup padu melahirkan orkestrasi serangan yang berujung gol. Dua Salah juga berkat assist Firmino.

Sedangkan terakhir kali Liverpool mencetak gol ke Liga Primer, saat ditahan Wesy Bromwich Albion 1-1. Mane menjadi pencetak The Reds.

Ketajaman trio Firmansah akan diuji saat menantang Tottenham. Dalam data Transfermarkt, Salah jadi pemain depan Liverpool yang paling akrab dengan gawang The Lilywhites.  Dari 13 laga Liverpool vs Spurs di semua ajang, Salah mencetak 8 gol dan membuat satu assist. Satu dari gol Salah itu dicatat di final Liga Champions 2018/2019, saat Liverpool menang 2-0 atas Spurs.

Sedangkan Firmino jadi pemain depan Liverpool tertajam kedua saat lawan Spurs, dengan 4 gol dalam 10 laga, dengan dua diantarannya di kandang Spurs. Pemain asal Brasil itu juga membawa Liverpool tujuh kali menang atas Spurs, lalu dua imbang dan sekali kalah.

Lalu Mane mencetak dua gol dan satu assist saat Liverpool melawan Spurs. Gol terakhir Mane ke gawang Spurs pada musim 2016/2017, saat Liverpool menang 2-0 dalam laga di Anfield, 2 November 2017.

Sementara meski di kandang sendiri, bukan jaminan pasukan Jose Mourinho akan menang. Musim lalu, Spurs kalah 0-1 dari Liverpool, lewat gol Firmino dari assist Salah. Pada leg pertama Premier League musim ini, Spurs juga kalah 1-2 di kandang Liverpool. Dua gol Liverpool dicetak Salah dan Firmino, dan gol Spurs oleh Son Heung-Min.

Kini Spurs tercatat selalu kalah dalam enam laga terakhir kontra Liverpool di semua ajang. Spurs hanya menang sekali dalam 18 duel terakhir keduanya. Melihat catatan pertemuan itu, Liverpool pantas diunggulkan.

Namun, jika berkaca pada performa terkini, Spurs layak difavoritkan. Pasalnya, Spurs tak terkalahkan dalam 8 laga terakhirnya di semua kompetisi, sedangkan Liverpool hanya menang satu kali dalam tujuh laga terakhir. Duel itu pun jadi duel yang cukup sulit diprediksi.

Betapa tidak, salah satu kelemahan Liverpool paling mencolok lini belakang yang keropos. Itu kareba bek dan kapten tim Virgil van Dijk cedera sejak Oktober lalu, yang disusul dua bek lainnya, Joe Gomes dan Joel Matip. Pelatih Juergen Klopp terpaksa memainkan bek sayap Rhys William serta gelandang Jordan Henderson dan Fabinho sebagai bek tengah.

Mantan gelandang Liverpool Danny Murphy mengatakan, Klopp tetap harus mendatangkan bek tengah baru. Sebab jika tidak, hasil lawan MU akan terulang di laga-laga lain dan The Reds bakal kesulitan bersaing meraih gelar juara liga.

“Area kecil yang menjadi perhatian adalah kurangnya aktivitas transfer saat mereka sangat membutuhkan. Sebab secara defensif, mereka tidak benar. Itu sudah pasti,”kata Murphy.  

Namun Murphy yakin Klopp mampu membawa Liverpool bertahan di zona empat besar, dengan bek tengah baru. *

Komentar