nusabali

Putri Koster: Seniman Bali Harus Jadi Tuan di Rumah Sendiri

  • www.nusabali.com-putri-koster-seniman-bali-harus-jadi-tuan-di-rumah-sendiri

DENPASAR, NusaBali
Seniman multitalenta yang juga istri Gubernur Bali Wayan Koster, yakni Ni Putu Putri Suastini memberikan semangat kepada para seniman di Bali, agar bisa menjadi tuan rumah di tanah kelahiran.

Hal itu diungkapkan Putri Koster saat kegiatan puisi bertajuk ‘Ibunda Tercinta’ dalam rangkaian Big Book di Gedung Kertha Sabha, Komplek Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha, Jalan Surapati Nomor 1 Denpasar, Rabu (27/1) siang.


Big Book yang diluncurkan kemarin merupakan kumpulan 64 puisi yang disusun Gde Artawan, Dewa Putu Sahadewa dan Jengki Sunarta. Peluncuran Big Book ini diikuti dengan protokol kesehatan yang ketat dengan test antigen hasil negatif.

Putri Koster menegaskan para seniman di Bali harus lebih getol berkarya dan punya komitmen menjadi tuan di rumah sendiri. "Seniman Bali, harus menjadi tuan di rumahnya sendiri, sehingga mampu memperkaya kaedah-kaedah sastra yang nantinya dapat diterima oleh masyarakat Bali sebagai kekayaan daerahnya sendiri," ujar Putri Koster.

Menurut Putri Koster, di Bali saat ini bukan hanya kesenian tradisional yang dapat dikembangkan. Namun juga kesenian non tradisi dan bisa dilakoni dengan maksimal. Putri Koster yang jago puisi ini menegaskan keberadaan seni modern memiliki banyak peminat. "Perlu wadah sebagai pengembangan diri. Maka kita siapkan ruang khusus bagi seniman modern, sastra dan teater. Ada wadah Festival Seni Bali Jani," ujar Putri Koster.

Menurut Putri Koster saat ini wadah Festival Seni Bali Jani sudah memiliki peraturan daerah (Perda), memiliki anggaran dan juga jadwal. Sehingga seniman modern hanya tinggal mengisi, berkarya, bekerja dan berinovasi. "Sehingga festival menjadi besar melalui tangan-tangan seniman yang menggawangi seni nontradisi," ujar perempuan yang kenyang pengalaman di berbagai organisasi ini.

Kata Putri Koster melalui seni modern, baik itu seni sastra dan teater mampu membangkitkan karakter yang berbeda dari masing-masing pelakonnya. "Selain aktivitas seniman, dalam Festival Seni Bali Jani juga ada pameran buku berskala internasional, sehingga penulis lokal akan bisa ikut bergabung untuk memperkenalkan karya tulisnya di sana," ujar Putri Koster.

Sementara pada hari yang sama yang juga bertepatan dengan hari kelahirannya kemarin, Putri Koster didampingi Tim Redaksi 9 juga menyerahkan 1/4 ton beras dan sejumlah uang di Yayasan Peduli Kanker Anak Bali yang mengasuh sebanyak 340 orang anak. Kegiatan berbagi dengan sesama ini rutin dilakukan Putri Koster. *nat

Komentar