nusabali

Kunjungi Undiksha, Universitas Palangka Raya Gali Informasi Strategi Pengusulan PK-BLU

  • www.nusabali.com-kunjungi-undiksha-universitas-palangka-raya-gali-informasi-strategi-pengusulan-pk-blu

SINGARAJA, NusaBali
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menerima kunjungan dari Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (26/1/) pagi.

Kunjungan tersebut untuk studi banding tentang strategi pengusulan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU). Dari Universitas Palangka Raya dihadiri Direktur Pengembangan Aset Prof I Nyoman Sudyana, didampingi Sekretaris Roby Sambung.

Rombongan tersebut diterima Rektor Undiksha Prof I Nyoman Jampel, didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Gede Rasben Dantes, dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Administrasi, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia Prof I Wayan Lasmawan. Pertemuan tersebut juga dihadiri Kepala Biro UK Ni Luh Wayan Yasmiati, serta Tim Remunerasi Gede Adi Yuniarta.

Sudyana menyampaikan, peningkatan status dari Satuan Kerja (Satker) ke PK-BLU menjadi target dari Universitas Palangka Raya sejak beberapa tahun lalu. Guna memuluskan itu, pihaknya menggali informasi ke Undiksha yang dinilai memiliki karakteristik yang sama. “Kehadiran kami ke Undiksha ingin sharing tentang hal apa yang perlu dipersiapkan untuk menjadi PK-BLU,” katanya.

Dijelaskannya, pihaknya telah melakukan langkah-langkah untuk memenuhi berbagai indikator, salah satunya melakukan penataan aset. Informasi yang didapatkan dari Undiksha akan dijadikan acuan dalam melakukan penyempurnaan.

Rektor Undiksha Prof Jampel mengapresiasi kunjungan ini. Hal tersebut dinilai tidak hanya sebagai media silaturahmi, namun juga bentuk kepercayaan terhadap Undiksha.

Dia menyampaikan, untuk mewujudkan Undiksha sebagai PK-BLU sejak 2012 dan akhirnya disetujui tahun 2015, yang diperlukan tidak terbatas pada pengajuan proposal, tetapi juga didukung sumber daya manusia yang dimiliki maupun sumber-sumber pendapatan. “Untuk menjadi PK-BLU, kita harus mampu mandiri. Ini yang perlu disiapkan,” ujarnya.

Wakil Rektor Undiksha Prof Lasmawan menambahkan, minimal ada empat aspek yang harus disiapkan secara serius dalam pengusulan menjadi PK-BLU. Yakni existing modalitas kelembagaan, renstra sumber daya, rencana bisnis dan anggaran, serta struktur tata kelola yang diharapkan setelah perubahan itu terjadi, termasuk sumber pembiayaannya. Selain itu juga adanya perbaikan tata kelola aset sebagai sumber pendapatan. “Kami rasa Universitas Palangka Raya bisa mewujudkan ini,” ucapnya.

Akademisi asal Desa Bonyoh, Kecamatan Kintamani, Bangli, ini menegaskan, Undiksha sebagai salah satu PK-BLU tetap siap untuk berbagi informasi dengan Universitas Palangka Raya di luar kunjungan yang berlangsung singkat ini. “Jika ada perlu sharing di luar pertemuan ini, kami siap. Mungkin bisa melalui virtual atau lainnya,” imbuh Prof Lasmawan. *m

Komentar