nusabali

Disdik Bangun 6 Ruangan Baru Bernilai Rp 2,6 M di SMPN 5 Kediri

  • www.nusabali.com-disdik-bangun-6-ruangan-baru-bernilai-rp-26-m-di-smpn-5-kediri

TABANAN, NusaBali
Guna menunjang proses pembelajaran di sekolah baru, Dinas Pendidikan (Disdik) Tabanan membangun enam ruangan baru di SMPN 5 Kediri.

Pembangunan yang dirancang berlantai 2 ini dengan dana APBD Rp 2,6 miliar. Enam ruangan itu dibangun karena SMPN 5 Kediri tergolong sekolah baru yang dibuka tahun 2018. Awalnya sekolah ini bekas gedung SD yang hanya memiliki 6 ruangan. Sekolah ini pun kekurangan kelas untuk melakukan proses belajar mengajar.

Kepala Disdik Tabanan I Nyoman Putra, didampingi Kepala Bidang SMP I Made Darmawita, menjelaskan pengerjaan enam ruangan tersebut dilakukan pada akhir triwulan pertama tahun 2021. Saat ini prosesnya masih tahap kelengkapan administrasi. “Ini sekolah baru, karena kemarin kekurangan ruangan belajar. Kami akan bangun enam ruangan, nantinya akan ada 12 ruangan,” ujarnya Senin (25/1).

Menurutnya, anggaran pembangunan ruangan ini dari APBD Tabanan senilai Rp 2,6 miliar. Enam ruangan rencanya dibangun berlantai 2 karena memperhatikan kondisi luasan arel sekolah. “Kami berharap dengan ditambahnya ruangan ini, proses belajar belajar ketika situasi normal bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Bahkan tahun 2021, Bidang SMP Disdik Tabanan mendapat bantuan DAK (Dana Alokasi Khusus) sebesar Rp 6 miliar untuk pembangunan fisik sekolah. DAK ini untuk 10 SMP yang tersebar di 10 kecamatan. “SMP yang mendapat bantuan DAK fisik lebih banyak pada sekolah yang berada di luar Kota Tabanan,” terang Nyoman Putra.

Ditambahkan, rata-rata sekolah yang mendapat bantuan DAK untuk merehabilitasi ruangan kelas maupun kantor. Karena kondisi ruangan dan kantor memang sudah benar-benar rusak. “Bantuan DAK tiap tahun ada. Mudah-mudahan tahun berikutnya kami mendapatkan anggaran lebih banyak untuk menunjang sarana-prasarana sekolah di Tabanan,” harapnya.*des

loading...

Komentar