nusabali

Hari Ini, Karangasem Rencanakan Gelar Vaksinasi Covid-19

  • www.nusabali.com-hari-ini-karangasem-rencanakan-gelar-vaksinasi-covid-19

Wakil Bupati I Wayan Arta Dipa tidak bisa ikut vaksinasi karena umurnya di atas 59 tahun.

AMLAPURA, NusaBali

Pemkab Karangasem merencanakan menggelar vaksinasi Covid-19 kepada 10 pejabat dan tokoh masyarakat di Puskesmas Karangasem I, Selasa (26/1). Pemkab Karangasem telah menerima 4.400 vial vaksin Sinovac dari Provinsi Bali, Senin (25/1). Saat ini vaksin disimpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Karangasem, Banjar Desa Tengah, Desa/Kecamatan Bebandem.

Vaksin Sinovac tiba di Karangasem sekitar pukul 13.55 Wita. Vaksin diangkut dengan mobil box DK 8126 S dikawal Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini didampingi 3 anggota Brimob Polda Bali. Turut menerima kedatangan vaksin yakni Dandim Letkol Inf Bima Santosa, Sekda I Ketut Sedana Merta, Kadis Kesehatan I Gusti Bagus Putra Pertama, Kabag Operasional Polres Karangasem Kompol I Komang Tresna Arbawa Manik, Kapolsek Bebandem AKP I Wayan Sukarita, dan staf Dinas Kesehatan. Vaksin sebanyak 3 box masing-masing berisi 1.466 vial.

Kadis Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, menjelaskan vaksin disimpan dengan suhu 2-8 derajat celsius. Teknis pelaksanaan vaksinasi secara simbolis digelar di Puskesmas Karangasem I, Selasa (26/1) sekitar pukul 08.00 Wita. Vaksinasi menyasar 10 pejabat tinggi yakni Forkopimda, Sekda, dan tokoh masyarakat. Kecuali Wakil Bupati I Wayan Arta Dipa tidak bisa ikut vaksinasi karena umurnya di atas 59 tahun. Vaksinasi berikutnya menyasar 2.211 tenaga kesehatan se-Karangasem, ASN, dan masyarakat umum yang umurnya 18-59 tahun.

“Teknis yang akan menerima vaksin berubah, tidak lagi menunggu panggilan melalui SMS. Yang telah terdaftar bisa langsung datang ke tempat vaksinasi,” jelas Gusti Bagus Putra Pertama. Warga yang akan divaksin dinyatakan memenuhi syarat apabila telah lolos observasi. Maksudnya, jika ada warga yang berasal dari keluarga terkonfirmasi positif Covid-19 atau pernah kontak serta dengan penderita positif Covid-19 otomatis tidak bisa ikut vaksinasi. Sebanyak 4.400 vial vaksin yang datang akan didistribusikan ke delapan kecamatan.

Masing-masing Kecamatan Karangasem sebanyak 594 vial, Kecamatan Abang 143 vial, Kecamatan Kubu 253 vial, Kecamatan Bebandem 97 vial, Kecamatan Selat 96 vial, Kecamatan Rendang 96 vial, Kecamatan Sidemen 78 vial, dan Kecamatan Manggis 195 vial. “Kami sudah siap dengan Tim KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), jika 30 menit usai vaksinasi muncul reaksi, petugas langsung mengantar ke IRD RSUD Karangasem,” jelas Gusti Bagus Putra Pertama. Sementara Sekda I Ketut Sedana Merta mengaku telah siap divaksin. *k16

Komentar