nusabali

Masyarakat Bisa Cek Rencana Pembangunan Lewat SIPD

  • www.nusabali.com-masyarakat-bisa-cek-rencana-pembangunan-lewat-sipd

BANGLI, NusaBali
Pemkab Bangli telah menggunakan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). SIPD ini mengoptimalkan input data perencanaan pembangunan di Bangli.

Pokok pikiran DPRD Bangli juga akan diinput ke SIPD. Masyarakat bisa melakukan pengecekan lewat SIPD dengan memasukkan username dan password.

Kepala Bappeda Litbang Bangli, Putu Ganda Wijaya, mengatakan SIPD merupakan sistem informasi yang memuat perencanaan pembangunan daerah dan keuangan daerah. Perencanaan pembangunan di Bappeda dan sistem keuangan daerah dikelola Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKPAD). Seluruh rencana pembangunan akan diinput ke SIPD. “Sistem ini diterapkan secara nasional. Jika sistem ini tidak diterapkan, maka verifikasi anggaran tidak bisa diproses,” ungkap Putu Ganda, Minggu (24/1).

Mantan Wadir RSU Bangli ini menyampaikan, untuk perencanaan pembangunan 2021 sudah menggunakan SIPD. Perencanaan tahun 2022 sedang berproses dari penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD). Rencana pembangunan berdasarkan usulan dan melalui pembahasan. Bappeda Litbang juga melakukan komunikasi dengan Ketua DPRD Bangli untuk menginput pokok-pokok pikiran (pokir) anggota DPRD Bangli.

Pokir anggota DPRD lebih dulu masuk forum konsultasi publik kemudian masuk dalam pembahasan di Musrenbang. “Pokir anggota DPRD masuk SIPD, jika tidak masuk dalam pendanaan APBD induk maka dilanjutkan di APBD Perubahan,” ujar Putu Ganda. Masyarakat juga dapat mengakses rencana pembangunan daerah. “Untuk bisa mengakses ada username dan pasword,” kata Putu Ganda. *esa

loading...

Komentar