nusabali

Tumbang, Pohon Kelapa Tutup Jalan ke Pantai Saba

  • www.nusabali.com-tumbang-pohon-kelapa-tutup-jalan-ke-pantai-saba

GIANYAR, NusaBali
Sebuah pohon kelapa tinggi sekitar 12 meter, di Banjar Banda, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, tumbang hingga menutupi jalan, Minggu (24//1) sore sekitar pukul 14.00 Wita.

Akibatnya lalu-lintas di jalan menuju Pantai Saba, Desa Saba, tersendat. Menurut keterangan warga sekitar, sebelum tumbang, angin berhembus sangat kencang di wilayah tersebut. Akar pohon kelapa tersebut sudah lama lapuk karena pohon tersambar petir. Selain itu, hujan dari kemarin pagi membuat tanah menjadi labil. "Angin sangat kecang tadi. Tiba-tiba saja tumbang, beruntung tidak ada kendaraan yang lewat saat itu," ungkap warga.

Tidak menunggu lama, tim dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Gianyar datang untuk mengevakuasi pohon. Kendaraan yang akan melintas sempat distop sementara untuk mempercepat proses evakuasi. Guna menghindari kejadian terulang, pohon di sekitar lokasi, yang berpotensi tumbang juga langsung dipangkas. "Pemilik meminta agar dipangkas yang berpotensi tumbang," ujar Kelian Dinas Banjar Saba, Desa Saba, Kadek Merta Anggara, di lokasi.

Camat Blahbatuh Ida Bagus Dharma Yuda mengimbau kepada pemilik lahan di pinggir jalan di Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, waspada. Pohon besar yang berpotensi tumbang diminta agar segara dilaporakan ke prebekel setempat agar nanti dari pihak perbekel yang meneruskan ke BPBD Gianyar. "Mohon sampaikan ke perbekel, agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, apalagi cuaca saat ini hujan lebat disertai angin kecang sangat membahayakan," ujarnya. *nvi

loading...

Komentar