nusabali

Wabup Suiasa Pimpin Aksi Bersih-bersih di Pantai Petitenget

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-pimpin-aksi-bersih-bersih-di-pantai-petitenget

MANGUPURA, NusaBali
Aksi bersih-bersih di Pantai Petitenget, Kelurahan Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, dilakukan sejumlah komponen masyarakat, civitas akademika dan mahasiswa Universitas Dwijendra (Undwi).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa. Turut hadir dalam aksi bersih-bersih di Pantai Petitenget, Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung I Wayan Puja, Camat Kuta Utara Putu Eka Permana, Lurah Kerobokan Kelod Made Wistawan, dan Bendesa Adat Kerobokan AA Putu Sutarja.

Wabup Suiasa mengapresiasi seluruh komponen masyarakat secara bersama-sama melaksanakan kegiatan bersih-bersih di sepanjang Pantai Petitenget. Menurutnya, fenomena sampah kiriman memang terjadi setiap tahun, sekitar bulan Oktober hingga Februari. “Sampah kiriman ini menjadi perhatian serius Pemkab Badung, karena dalam upaya menjaga citra Bali dan Badung, khususnya sebagai daerah tujuan wisata,” ujarnya.

Wabup Suiasa lebih lanjut mengatakan, disamping kesehatan, masalah kebersihan saat ini menjadi isu strategis dalam mendukung kenyamanan wisatawan, sehingga diperlukan dukungan dan partisipasi semua komponen masyarakat dalam mengatasi fenomena sampah kiriman ini. “Fenomena ini kami sebut kedaruratan sampah, karena setiap harinya sekitar sebanyak 150-200 ton sampah di sepanjang pantai dibersihkan. Ini menjadi tantangan pemerintah tiap tahun. Dalam mengatasinya tidak bisa dilakukan pemerintah saja, untuk itu kami mengetuk hati dan partisipasi dari semua elemen masyarakat,” harap Wabup Suiasa.

Rektor Universitas Dwijendra Dr Ir Gede Sedana MSc MMA, mengatakan kegiatan bersih-bersih Pantai Petitenget ini sebagi bentuk pengabdian kepada masyarakat. “Merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain pendidikan dan penelitian,” katanya.

Dipilihnya Pantai Petitenget, karena melihat situasi yang berkembang, sampah kiriman menumpuk. “Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa, sehingga diharapkan mahasiswa senantiasa berinteraksi tidak hanya dengan sesama mahasiswa, dosen, juga dengan masyarakat dalam memperhatikan lingkungan,” kata dr Sedana.

“Undwi akan selalu bersama-sama bersinergi dengan pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Badung. Tidak hanya sebatas kegiatan bersih pantai, tapi kegiatan lain khususnya dalam mendukung berbagai program dari Pemkab Badung,” imbuhnya.

Usai di Pantai Petitenget, Wabup Suiasa, juga melakukan bersih-bersih di Pantai Dreamland, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan. Di Pantai Dreamland, aksi bersih-bersih dilaksanakan oleh Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari), Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), dan sejumlah komunitas lainnya. *asa

Komentar