nusabali

Suastika Sundul Gede Dana Jadi Ketua Dewan

Bersaing dengan Wirta Berebut Kursi Ketua DPRD Karangasem

  • www.nusabali.com-suastika-sundul-gede-dana-jadi-ketua-dewan

Kursi Ketua DPRD Karangasem lowong sejak Gede Dana mengundurkan diri karena maju tarung ke Pilkada 2020 dan akhirnya terpilih jadi Bupati

AMLAPURA, NusaBali

I Wayan Suastika ST, 45, sundul I Gede Dana sebagai Ketua DPRD Karangasem 2021-2024 dengan status pengganti antar waktu (PAW). Surat penetapan Wayan Suastika---yang kini anggota Komisi IV DPRD Karangasem---sebagai Ketua DPRD Karangasem gantikan Gede Dana yang terpilih menjadi Bupati Karangasem hasil Pilkada 2020 ini telah diterbitkan DPP PDIP, 21 Januari 2020 lalu.

Wakil Sekretaris Bidang Kesekretariatan DPD PDIP Bali, Tjokorda Gde Agung,  me-ngatakan SK DPP PDIP tentang Penunjukan Wayan Suastika sebagai Ketua DPRD Karangasem ini sudah diserahkan di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro  Nomor 58 Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/1) lalu. "Saya yang hadir ke Jakarta menerima SK DPP yang menunjuk pengganti Gede Dana sebagai Ketua DPRD Karangasem,” ujar Tjok Gde Agung di sela acara perayaan Ultah Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor DPD PDIP Bali, Jalan Banteng Baru Nomor 4 Niti Mandala Denpasar, Sabtu (23/1) siang.

Wayan Suastika adalah politisi asal Banjar Juuk Legi, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem yang kini menjabat Ketua PAC PDIP Selat. Dia sudah tiga kali periode duduk di Fraksi PDIP DPRD Karangasem (2009-20014, 2014-2019, 2019-2024).

Sebelumnya, Suastika sempat dibayangi I Made Wirta sebagai kandidat Ketua DPRD Karangasem pengganti Gede Dana. Made Wirta adalah politisi senior asal Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem, Karangasem yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPC PDIP Karangasem dan sudah 4 kali periode duduk di DPRD Karangasem. Meski lebih berpengalaman dan jabatannya tinggi di struktural partai, namun Made Wirta kalah bersaing dengan Suastika.

Menurut Tjok Gde Agung, Suastika dipilih DPP PDIP karena dalam pleno DPC PDIP Karangasem, mengerucut kandidat tunggal yang mengarah kepadanya. "Jadi, akhirnya hanya nama Wayan Suastika dikirim ke DPP PDIP sebagai calon Ketua DPRD Karangasem," tegas politisi PDIP asal Puri Agung Klungkung ini.

Selain itu, kata Tjok Agung, Suastika dipilih karena para pesaingnya yang di level kepengurusan DPC PDIP Karangasem tidak duduk di DPRD Karangasem. Misalnya, Sekretaris DPC PDIP Karangasem I Wayan Sudira (asal Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem) dan Bendahara DPC PDIP Karangasem I Made Ruspita.

Tjok Agung juga mengatakan, Suastika adalah caleg PDIP peraih suara terbanyak untuk kursi DPRD Karangasem dalam Pileg 2019, yakni dengan 5.391 suara. "Walaupun hanya sebagai Ketua PAC PDIP Selat, namun Suastika sudah senior di DPRD Karangasem, dan peraih suara tertinggi," katanya.

Sementara itu, Wayan Suastika mengakui telah dapat rekomendasi sebagai calon Ketua DPRD Karangasem 2020-2024, menggantikan Gede Dana. "Saya sudah dapat kabar dari DPC DPIP Karangasem dapat rekomendasi dari DPP PDIP untuk jadi Ketua DPRD. Hanya saja, saya belum lihat surat rekomendasinya," jelas Suastika saat dikonfirmasi NusaBali di Amlapura, Minggu (24/1).

Suastika mengaku tidak tahu, berapa kader yang diusulkan ke DPP PDIP sebagai calon Ketua DPRD Karangasem. "Berapa nama kader dikirim ke DPP PDIP, silakan tanya ke DPC PDIP. Yang jelas, saya dapat rekomendasi penugasan dari partai, ya saya siap menjalankan tugas," kata politisi PDIP kelahiran 11 Februari 1975 ini.

Disinggung program jangka pendek memimpin DPRD Karangasem, Suastika mengaku masih menunggu pelantikan Bupati-Wakil Bupati Karangasem 2021-2026, I Gede Dana-I Wayan Arta Dipa, yang diusung PDIP bersama Hanura, 17 Februari 2021 mendatang. Selain itu, juga menunggu dirinya dilantik menjadi Ketua DPRD Karangasem.

"Nanti mengenai program jangka pendek, saya mesti berkoordinasi dulu dengan Bupati Karangasem terpilih. Ya, agar apa yang jadi visi dan misi Bupati Karangasem lebih mudah diperjuangkan di DPRD," tandas suami dari anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Karangasem, Ni Kadek Darmini ini.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris DPC PDIP Karangasem I Wayan Sudira membenarkan rekomendasi sebagai calon Ketua DPRD Karangasem jatuh ke tangan Wayan Suastika. "Rekomendasinya sudah diserahkan kepada Ketua DPC PDIP Karangasem (Gede Dana), Jumat, 22 Januari 2021,” terang Sudira.

Sudira menambahkan, yang diusulkan ke DPP PDIP memang hanya satu nama, yakni Wayan Suastika. Usulannya diajukan DPC PDIP Karangasem ke DPP PDIP melalui DPD PDIP Bali.

Gede Dana sendiri harus tinggalkan kursi Ketua DPRD Karangasem, karena maju tarung ke Pilkada Karangasem, 9 Desember 2020 lalu. Politisi asal Desa Datah, Kecamatan Abang yang juga Ketua DPC PDIP Karangasem ini maju berpasangan dengan I Wayan Artha Dipa di posisi Calon Wakil Bupati. Pasangan Gede Dana-Artha Dipa kemudian berhasil mengalahkan IGA mas Sumatri-I Made Sukerana (Cabup-Cawabup yang diusung Golkar-NasDem-Gerindra-Demokrat-Perindo-PKS) di Pilkada Karangasem 2020.

Gede Dana sudah dua periode menduduki kursi Ketua DPRD Karangasem, yakni 2009-2014 dan 2019-2020. Sementara periode 2014-2019, kursi Ketua DPRD Karangasem diduduki politisi Golkar I Nengah Sumardi, sementara Gede Dana jadi Ketua Fraksi PDIP. Sejak ditinggalkan Gede Dana jelang kampanye Pilkada 2020, kursi Ketua DPRD Karangasem dipegang Pelaksana Tugas (Plt) I Nengah Sumardi, yang merupakan Wakil Ketua Dewan dari Fraksi Golkar. *nat,k16

loading...

Komentar