nusabali

1.699 Nakes di Badung Sudah Divaksin

  • www.nusabali.com-1699-nakes-di-badung-sudah-divaksin

Diskes sudah menyiapkan ruang rawat inap jika terjadi reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Ruangan tersebut untuk memantau mereka yang sudah divaksin Covid-19.

MANGUPURA, NusaBali

Sejak dicanangkan secara simbolis pada 15 Januari 2021, vaksinasi Covid-19 untuk para tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Badung, terus berlanjut sampai saat ini. Hingga Sabtu (23/1) lalu, sebanyak 1.699 orang nakes yang sudah divaksin.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikses) Kabupaten Badung dr Nyoman Gunarta, mengatakan sebagian nakes sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19. “Dalam proses vaksinasi, kami atur sekali vaksin diikuti oleh 15 orang. Itu dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) sesuai juklak dan juknis yang sudah ditetapkan,” kata dr Gunarta, dikonfirmasi pada Minggu (24/1).

Berdasarkan data dari Diskes Badung, selama 9 hari pelaksanaan vaksinasi, atau per Sabtu 23 Januari 2021, sudah ada sebanyak 1.699 orang yang sudah di vaksin. Kendati demikian, data tersebut terus bergerak, mengingat proses vaksinasi dilakukan secara bertahap.

Tidak hanya di Puskesmas Abiansemal I, pelaksanaan vaksinasi juga dilakukan di 26 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang ada di Badung, termasuk di RSD Mangusada. “Vaksin sudah dikirim ke masing-masing fasyankes dan disimpan di kulkas vaksin sebagai rangkaian cold chain. Semua siap melaksanakan vaksinasi,” tegas dr Gunarta, yang notabene mantan Dirut RSD Mangusada itu.

Sementara itu, Provinsi Bali kembali menerima vaksin Sinovac sebanyak 25.320 vial pada Jumat (22/1). Namun, apakah Badung kembali menerima vaksin dari provinsi, dr Gunarta belum berani memastikan. Mengingat belum mendapat informasi lebih lanjut.

Dokter asal Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansemai, itu mengatakan pasca vaksinasi, Diskes sudah menyiapkan ruang rawat inap jika terjadi reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Ruangan tersebut untuk memantau mereka yang sudah divaksin Covid-19.

“Seandainya ada gejala setelah vaksin, kami akan mengarahkan ke IGD terdekat di rumah sakit. Di sana ada komisariat KIPI baik di Badung, Bali dan Nasional, yang bekerja 24 jam,” kata dr Gunarta sembari berharap vaksinasi untuk para nakes ditarget tuntas maksimal pada April 2021.

Untuk diketahui, Pemkab Badung menerima sebanyak 11.080 vial vaksin Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Bali. Vaksin tiba di UPT Instalasi Farmasi Kabupaten Badung, Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal, pada Selasa (12/1) pukul 14.20 Wita. Tahap awal vaksin tersebut akan diprioritaskan untuk 5.540 tenaga kesehatan. *ind

loading...

Komentar