nusabali

Setelah Dilantik Jaya-Wira Janji Langsung Tancap Gas

6 KPU Kabupaten/Kota Serentak Tetapkan Paslon Terpilih

  • www.nusabali.com-setelah-dilantik-jaya-wira-janji-langsung-tancap-gas

TABANAN, NusaBali
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan menetapkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan terpilih Pilkada Tabanan 2020 melalui rapat pleno, Sabtu (23/1).

Bupati terpilih I Komang Gede Sanjaya yang hadir sendiri tanpa didampingi Wakil Bupati terpilih, I Made Edi Wirawan karena sedang kurang fit, menegaskan akan segera tancap gas wujudkan janji kampanye setelah nanti dilantik sebagai Bupati-Wakil Bupati Tabanan. Sementara lima KPU Kabupaten/Kota lainnya yang gelar Pilkada 9 Desember 2020, juga serentak menggelar penetapan Bupati-Wabup terpilih serta Walikota-Wakil Walikota terpilih, Sabtu kemarin.

Pantauan NusaBali, rapat pleno yang digelar di kantor KPU Tabanan, Sabtu kemarin dihadiri undangan terbatas di tengan pandemi Covid-19. Ketua KPU Tabanan, I Putu Gede Weda Subawa menegaskan dengan sudah ditetapkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira), maka pasangan ini sudah sah menjadi pemimpin Tabanan, tinggal dilantik saja. Dengan itu tugas KPU pada tahapan pelaksanaan Pilkada Tabanan 2020 telah selesai. "Boleh dikatakan tahapan Pilkada Tabanan sudah selesai," ujarnya.

Bupati terpilih I Komang Gede Sanjaya mengaku senang atas kemenangan yang diraih pada di Pilkada Tabanan. Dengan sudah selesai masa politik ini dia mengajak kepada seluruh masyarakat Tabanan ikut membangun Tabanan. "Mari kita bangun Tabanan sesuai dengan visi misi Nangun Sat Kertih Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana untuk wujudkan Tabanan Era Baru yang aman unggul aman dan madani," tandasnya.

Bahkan Sanjaya pun berjanji akan mewujudkan janji politik yang sebelumnya telah dibuat dengan tim sesuai janji pada masa kampanye. "Begitu selesai dilantik Jaya-Wira langsung merealiasikan janji politik," imbuhnya. Dalam kesempatan tersebut Sanjaya menambahkan terkait dengan ketidakhadiran Wakilnya, Made Edi Wirawan kondisinya sedang tidak enak badan. Mengingat sekarang masa pandemi Covid-19 diminta untuk istirahat. "Pak Wakil ada halangan, mohon maaf beliau bilang sedang tidak enak badan," tandasnya. Pasangan Jaya-Wira unggul dengan raihan 207.276 suara atau 72,88 persen dari total suara sah 284.417 suara di Pilkada Tabanan 2020.

Pada Sabtu kemarin KPU Badung juga mengumumkan penetapan Bupati-Wakil Bupati Badung terpilih, yakni I Nyoman Giri Prasta-I Ketut Suiasa (Giri Asa) dalam rapat pleno yang diselenggarakan di The Westin Resort Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan. Pasangan Giri-Asa yang calon tunggal di Pilkada Badung 2020 menang telak melawan kotak kosong dengan perolehan suara 285.241 atau 94,63 persen.

“Giri-Asa dengan perolehan suara sebanyak 285.241 suara atau 94,63 persen dari total suara sah sebanyak 301.413,” ujar Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta dalam membacakan surat keputusan penetapan paslon. Bupati terpilih Nyoman Giri Prasta dan Wabup terpilih I Ketut Suiasa tampak hadir langsung dalam pleno KPU, Sabtu kemarin.

Sementara KPU Bangli juga melakukan pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati Bangli terpilih, Sang Nyoman Sedana Arta dan I Wayan Diar (Sadia-Bisa), Sabtu kemarin pukul 10.30 Wita. Dalam pleno kemarin Sedana Arta-Wayan Diar kompak hadir langsung, sementara Cabup mantan lawan tandingnya di Pilkada Bangli 2020, yakni I Made Subrata tampak tidak hadir. Kemarin hanya hadir Calon Wakil Bupati, Ngakan Made Kutha Parwata.

Seperti diketahui Paslon Made Subrata-Ngakan Kutha diusung Golkar dan NasDem hanya memperoleh 64.480 suara (42,17 persen). Sedangkan Pasasangan Sedana Arta-Wayan Diar yang diusung PDIP, Demokrat, Gerindra, PKPI dan Hanura meraih 88.422 suara (57, 83 persen). Plh Ketua KPU Bangli, Gde Roy Suparman mengatakan proses penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih telah dilaksanakan. Proses selanjutnya pengajuan usulan untuk pelantikan. "KPU melakukan pengusulan pengesahan untuk pelantikan," jelasnya.

Bupati dan Wakil bupati Bangli terpilih, Sang Nyoman Sedana Arta dan I Wayan Diar mengapresiasi seluruh stakeholder yang bekerja secara serius dalam pesta demokrasi meski di tengah pandemi Covid-19. Begitu pula atas partisipasi masyarakat Bangli untuk menyukseskan Pilkada Bangli. Setelah penetapan ini, tidak ada lagi faksi partai politik, tim sukses, namun sekarang seluruh komponen kembali bersatu membangun Bangli. Saling bahu membahu, gotong royong untuk Bangli. "Seberat apapun beban yang dipikul, kalau dijalankan dengan gotong royong akan bisa terasa ringan," kata Sedana Arta yang juga Ketua DPC PDIP Bangli ini.

Sementara KPU Kota Denpasar juga menggelar pleno penetapan Walikota-Wakil Walikota terpilih di Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur, Denpasar, kemarin. Walikota dan Wakil Walikota Denpasar Terpilih I Gusti Ngurah Jaya Negara dan I Kadek Agus Arya Wibawa (Jaya-Wibawa) resmi ditetapkan KPU Denpasar dengan perolehan suara sebanyak 184.655 (81,21 persen). *des, esa, ind

loading...

Komentar