nusabali

Dispustaka Monitoring Lima Perpustakaan SD

  • www.nusabali.com-dispustaka-monitoring-lima-perpustakaan-sd

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Karangasem melakukan monitoring ke lima perpustakaan SD.

Masing-masing SDN 1 Padangkerta, SDN 2 Padangkerta, SDN 4 Padangkerta, SDN 1 Subagan, dan SDN 3 Subagan. Monitoring ini untuk mengecek aktivitas perpustakaan SD selama pandemi Covid-19.

Tim monitoring dipimpin Kabid Pengembangan Perpustakaan Dispustaka Karangasem, I Ketut Suardana. Menurut Suardana, monitoring ini untuk memastikan perpustakaan di SD tetap dibuka, walau tidak ada siswa. Kadispustaka Karangasem, I Wayan Astika, mengapresiasi minat pengelola perpustakaan SD untuk belajar mengenai tata cara mengelola perpustakaan di sekolah. “Kami siap membantu,” ungkap Wayan Astika.

Wayan Astika menyebutkan, perpustakaan banyak fungsinya. Selain sebagai tempat menyimpan koleksi buku, tempat belajar, tempat melakukan penelitian, pelestarian budaya, pusat informasi, dan rekreasi. Perpustakaan bisa untuk rekreasi apabila ruangannya dikemas dengan dekorasi yang menyenangkan. “Perpustakaan bisa digunakan sebagai penunjang sarana penelitian dengan menyediakan koleksi buku yang lengkap, peneliti bisa mencari referensi di buku yang disimpan di perpustakaan,” jelas Wayan Astika.

Wayan Astika menyampaikan hasil monitoring, para pengelola perpustakaan di sekolah berkesempatan melakukan penataan agar koleksi buku-bukunya lebih rapi dan dikelompokkan sesuai rumpunnya. Kasek SDN 1 Padangkerta Ni Ketut Suarni merasa termotivasi adanya kunjungan ke perpustakaan di SDN 1 Padangkerta. Saat kunjungan dari Dispustaka Karangasem, rombongan diterima Kasek SDN 1 Padangkerta Ni Ketut Suarni didampingi pengelola perpustakaan Ni Made Arianti. *k16

loading...

Komentar