nusabali

DLH Pangkas Pohon Perindang

  • www.nusabali.com-dlh-pangkas-pohon-perindang

BANGLI, NusaBali
Curah hujan tinggi dan angin kencang dikhawatirkan menimbulkan bencana pohon tumbang di jalan raya. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli melakukan antisipasi dengan pemangkasan pohon perindang di pinggir jalan raya.

Pemangkasan dilakukan secara selektif, prioritasnya yang rawan tumbang. Sekretaris DLH Bangli, Gusti Laksana, mengatakan pemangkasan pohon perindang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pohon tumbang menimpa pengguna jalan raya. “Curah hujan tinggi disertai angin kencang. Dahan yang rawan tumbang kami pangkas sehingga pengguna jalan aman,” ungkap Gusti Laksana, Jumat (22/1). Petugas setiap hari turun melakukan pemangkasan. DLH Bangli juga sering mendapat permintaan dari masyarakat umum untuk melakukan pemangkasan.

Gusti Laksana mengungkapkan, pohon perindang yang sudah rapuh atau lapuk baru bisa dilakukan peremajaan. Namun peremajaan menyeluruh belum bisa karena membutuhkan waktu yang panjang agar pohon bisa tumbuh seperti saat ini. Pohon perindang atau peneduh di pinggir jalan memiliki fungsi estetika dan ekologis. “Pohon perindang untuk menambah kesan asri wajah kota. Pohon perindang sebagai paru-paru kota,” jelas Gusti Laksana. *esa

loading...

Komentar