nusabali

Hujan Deras, Pohon Timpa TK dan Rumah

  • www.nusabali.com-hujan-deras-pohon-timpa-tk-dan-rumah

TABANAN, NusaBali
Hujan lebat mengguyur wilayah Tabanan memicu bencana. Sebuah pohon Ketekek tumbang hingga menimpa sekolah TK dan rumah warga di Banjar Surodadi, Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, Tabanan, Jumat (22/1).

Pohon ini tumbang karena tanah di bawah pohon terkikis hujan deras. Tak ada korban jiwa. Namun kerugian ditafsir sekitar Rp 20 juta. Sekolah TK yang tertimpa pohon tersebut adalah TK Khodijah, dan rumah warga yang tertimpa milik Muzakir. Pohon jenis Ketekek itu berdiameter 100 cm. Dampaknya, sejumlah wahana bermain anak-anak di TK dan kanopi rumah warga, hancur.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Tabanan I Putu Trisna Widiatmika menjelaskan kejadian tersebut terjadi Jumat pagi sekitar pukul 05.30 Wita. Pohon dengan tinggi 20 meter tersebut mendadak ambruk karena tanahnya terkikis hujan deras. "Begitu ada laporan, kami langsung turun ke lokasi untuk evakuasi," jelasnya.

Evakuasi dilakukan bersama tim gabungan dari unsur polisi, TNI, dan masyarakat. Pohon dipotong dengan menggunakan mesin potong kayu. "Yang rusak di sekolah TK tempat bermain, seperti ayunan, papan jinjit, dan papan titian. Sedangkan rumah warga tersebut rusaknya atap kanopi bagian garasi," beber Trisna.

Bencana tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Karena anak-anak TK masih belajar secara daring. "Kerugian sekitar Rp 20 juta, sudah dicatat untuk dilaporkan ke BPBD," imbuhnya.

Di sisi lain, BPBD Tabanan belum menerima laporan tambahan kejadian dampak dari hujan lebat sejak Kamis (21/1) malam. Namun upaya mengantisipasi pohon tumbang sudah dilakukan bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga dengan perabasan pohon. "Bencana lain belum ada, dan kaki harapkan kondusif," tandas Trisna Widiatmika.*des

loading...

Komentar