nusabali

Bupati Suwirta Dukung OPD Ikuti Lomba

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-dukung-opd-ikuti-lomba

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mendukung organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klungkung mengikuti penilaian atau lomba-lomba.

Bupati menekankan itu saat memimpin rapat terkait keikutsertaan Pemkab dalam penilaian/lomba yang diikuti Pemkab Klungkung, di Ruang Rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Jumat, (22/1).

Hadir, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, para asisten dan pimpinan OPD di Pemkab Klungkung. Rapat ini untuk mengoptimalisasi penilaian atau keikutsertaan lomba oleh Pemkab Klungkung. Penilaian/lomba-lomba itu terkait tugas pokok dan fungsi (tupoksi) OPD. Rapat dilaksanakan dengan tetap menerapkan Prokes Covid-19.

Bupati Suwirta dalam arahannya menyampaikan agar OPD dil ingkungan Pemkab Klungkung lebih awal dapat memahami apa yang dikerjakan dan apa yang dilaporkan. Lebih lanjut ditekankan bahwa sebenarnya setiap OPD sudah bekerja, namun belum mampu mengungkap secara utuh apa yang dikerjakan dalam pelaporan. "Hal tersebut menjadi kendala dalam upaya mengikuti penilaian atau lomba-lomba. Misalnya, Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi, lomba-lomba inovasi, atau lomba terkait penilaian kinerja SDM," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga berpesan kepada pegawai yang bertugas di bagian penginput data penilaian/lomba, agar sebelum batas waktu input data berakhir, dapat mengadakan rapat kecil untuk membahas hasil dari data yang diperoleh. "Dari kasi, kasubag, dan kabag di lingkungan Pemkab Klungkung agar menciptakan inovasi yang dapat mensejahterakan masyarakat, dikoordinir oleh kabid/kabag/kadisnya," ajak Bupati Suwirta.

Bupati juga meminta kepala OPD menjadi contoh dalam ketaatan terhadap ketentuan peraturan. Misalnya ketaatan terhadap ketentuan Kawasan Tanpa Rokok (KTR), ketentuan protokol kesehatan Covid-19, ketentuan membuang sampah, dan lain-lain.

Terkait pelaporan, agar Inspektorat Kabupaten Klungkung menggunakan langkah-langkah preventif dalam melakukan pemeriksaan ke masing-masing OPD. Kemudian mengenai anggaran, agar semua OPD membuka konektifitas dengan kementerian untuk mendapatkan akses pendanaan DAK, terutama yang membutuhkan pendanaan besar.

Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra menambahkan agar di setiap OPD dibentuk tim kecil untuk memperkuat keikutsertaan dalam penilaian dan lomba-lomba. Kemudian lebih lanjut Sekda mengidentifikasi potensi tugas-tugas atau kinerja yang dinilai atau dilombakan di masing-masing OPD, misalnya di Dinas Pertanian ada 10 jenis lomba, Dinas Perhubungan ada lomba Wahana Tata Nugraha dan Lomba Abdiyasa, Baperlitbang ada lomba Inovation Government Award (IGA) dan Penilaian Daya Saing Daerah, dan lomba-lomba lainnya sesuai urusan OPD. "Pada intinya semua lomba atau penilaian itu merupakan penilaian terhadap kinerja SDM di daerah," tambah Winastra. *wan

loading...

Komentar