nusabali

Gempa Tektonik 3,2 SR Guncang Nusa Dua

  • www.nusabali.com-gempa-tektonik-32-sr-guncang-nusa-dua

MANGUPURA, NusaBali
Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 3,2 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, pada Jumat (22/1) siang.

Gempa bumi yang terjadi 61 kilometer arah barat daya Kuta Selatan, itu disebabkan oleh aktivitas subduksi. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar Iman Fatchurochman, mengatakan gempa itu terjadi sekitar pukul 14.94 Wita. Dari hasil analisa, bahwa gempa tersebut berkekuatan 3,2 SR dengan episenter terletak pada koordinat 9,33 LS dan 115.10 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 61 kilometer Barat Daya Kuta Selatan, pada kedalaman 35 kilometer. “Gempa tidak terlalu dirasakan getarannya. Hanya, bisa terdeteksi oleh alat kami,” kata Iman.

Masih menurut Iman, terkait jenis dan mekanisme gempa bumi, serta dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi itu merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indonesia. Dari analisa hingga pukul 14.30 Wita, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Iman menambahkan, kejadian gempa yang disebabkan pergerakan lempeng, itu tidak berpotensi tsunami. Masyarakat tidak perlu takut dengan berbagai informasi yang tidak benar. “Dari analisa kami, gempa bumi itu hanya sekali dan belum menunjukkan gempa susulan hingga sore (kemarin),” katanya seraya mengimbau masyarakat agar tetap tenang saat ada kejadian gempa bumi.

Gempa bumi yang terjadi pada Jumat siang, menambahkan daftar gempa yang terjadi dalam sepekan terakhir. Dari catatan BBMKG Wilayah III Denpasar, pada periode 15-21 Januari 2020, terjadi 71 gempa. Namun, yang dirasakan hanya 2 kali gempa bumi.

“Kalau sepekan terakhir memang ada puluhan gempa, tapi cuma dua yang di rasakan. Sementara, gempa yang dirasakan kekuatannya hanya di bawah 3 SR,” kata Iman. *dar

loading...

Komentar