nusabali

Gianyar Sedang Siapkan Lab PCR

  • www.nusabali.com-gianyar-sedang-siapkan-lab-pcr

Pemprov Bali telah memberikan bantuan mesin PCR sehingga Pemkab Gianyar tinggal menyiapkan sarana pendukung.

GIANYAR, NusaBali

Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Gianyar belum ada tanda-tanda melandai. Terkait itu, Pemkab Gianyar saat ini sedang penyiapkan Laboratorium PCR (polymerase chain reaction). Langkah ini sebagai salah satu upaya percepatan penanganan pandemi.

Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya mengatakan saat ini gedung untuk lab PCR dalam tahap pembangunan.

"Sedang diupayakan dipercepat (penyiapan lab PCR) sehingga bisa melakukan uji sampel swab pasien secara mandiri di Gianyar," jelasnya, Jumat (22/1).

Dia menambahkan sejatinya Pemprov Bali telah memberikan bantuan mesin PCR sehingga Pemkab Gianyar tinggal menyiapkan sarana pendukung, seperti ruangan hingga SDM. "Karena di RSUD Sanjiwani sedang dilakukan revitalisasi, maka kami rencananya nanti lab PCR ditempatkan RSU Payangan. Sedangkan untuk SDM, kami akan memanfaatkan tenaga yang ada," lanjutnya.

Kata Sekda Wisnu, nantinya lab PCR jika telah beroperasi, terlebih dahulu akan memprioritaskan uji sampel swab untuk masyarakat Gianyar. "Prioritas untuk melayani masyarakat kami dulu, setelah itu mungkin bisa melayani uji sampel swab dari luar Gianyar," ujarnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan dr Ida Komang Upeksa mengatakan, pada dasarnya baik RSUD Sanjiwani dan RSU Payangan siap dijadikan lokasi penempatan lab PCR tersebut. Bahkan dalam revitalisasi RSUD Sanjiwani saat ini telah direncanakan pembangunan ruangan untuk dijadikan lab PCR. "Kami sedang membangun, perencanaannya di lantai 3 nanti kami buat lab PCR, mungkin selesai akhir bulan ini," paparnya.

Namun dia belum mengetahui berapa kapasitas uji sampel uji swab per hari dari lab PCR yang akan dipasang itu.

Jelas Ida Upeksa, lab PCR itu nanti tidak hanya sebatas penanganan Covid-190. ‘’Lab ini nantinya juga bisa difungsikan untuk menguji sampel penyakit lain,’’ ujar pejabat asal Kecamatan Banjar, Buleleng ini. Sebagaimana diketahui, beberapa rumah sakit milik Pemkab di Bali telah memiliki lab PCR yakni RSUD Buleleng, Klungkung, dan lainnya.*nvi

loading...

Komentar