nusabali

Yakinkan Kapolri Baru, LIB Siap Gelar Simulasi Liga 1

  • www.nusabali.com-yakinkan-kapolri-baru-lib-siap-gelar-simulasi-liga-1

JAKARTA, NusaBali
PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menggelar simulasi pertandingan Liga 1, usai terpilihnya Kapolri baru.

PSSI-LIB berharap mendapat simpati dari Kapolri baru (kepolisian) agar mendapatkan izin menggulirkan kompetisi.

Simulasi tersebut bertujuan mempertunjukkan bagaimana menjalankan kompetisi yang aman di saat pandemi Covid-19. PSSI dan PT LIB percaya diri dapat meyakinkan Kapolri baru karena sudah punya panduan protokol kesehatan yang disusun jauh-jauh hari.

Hingga kini pihak kepolisian tak memberikan izin penyelenggaraan sepakbola karena mempertimbangankan situasi pandemi virus Corona. Kapolri baru menjadi harapan dalam soal penyelenggaraan kompetisi tersebut

Terkini, Komisi III DPR telah menyetujui Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri, Rabu (20/1). Hasil uji kelayakan Sigit akan dibawa ke Rapat Paripurna DPR untuk mendapatkan persetujuan terakhir sebelum dilantik Presiden RI Joko Widodo.

"Mudah-mudahan ya (Kapolri baru mengizinkan), kami dan PSSI juga siap meyakinkan kepada Kapolri baru, salah satunya nanti dengan cara mengajukan pertandingan simulasi," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

"'Begini loh pak protokol pertandingan kami', nanti kan dia bisa lihat ternyata seperti ini, protokol kesehatannya ketat dan segala macam," ujar Akhmad Hadian.

PSSI telah merampungkan lima protokol kesehatan penyelenggaraan sepakbola Indonesia sejak pertengahan Juni 2020 yang menjadi acuan standar keamanan pertandingan sepakbola.

Isi protokol di Liga 1 itu berupa panduan; keselamatan penyelenggaraan pertandingan, panduan kesehatan buat klub, panduan pemusatan latihan Timnas yang berlaku untuk semua kelompok usia, pedoman SSB (sekolah sepakbola), dan pedoman untuk kursus-kursus kepelatihan.

Sementara itu, PT LIB kemungkinan akan menjadwalkan kick-off Liga 1 2021 setelah Hari Raya Idul Fitri pada 13 Mei, seperti ditetapkan pemerintah. Beberapa klub juga ingin kalender kompetisi di Indonesia mengikuti jadwal kompetisi di Eropa

Jika mengabulkan keinginan itu, kompetisi tak akan dimulai dalam waktu dekat. Klaim PT LIB, klub-klub menilai pertengahan tahun adalah waktu yang ideal untuk menjalankan kompetisi lagi. *

Komentar