nusabali

Dua Rumah dan Pura Subak Tertimpa Pohon

  • www.nusabali.com-dua-rumah-dan-pura-subak-tertimpa-pohon

AMLAPURA, NusaBali
Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan enam pohon di tempat berbeda bertumbangan, Kamis (21/1).

Pohon tumbang menimpa dua rumah warga, satu Pura Subak Abian, dan jalan raya. Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa bersama anggota sigap menangani bencana. Korban yang rumahnya tertimpa pohon akan diberikan bantuan bekerja sama dengan Dinas Sosial dan PMI.

Pohon kejimas sepanjang 25 meter dengan diameter 30 cm yang tumbang di Banjar Batu Gede, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem menimpa atap rumah milik I Putu Widiantara. Saat itu Putu Widiantara dan anak-anaknya serta ibu kandungnya Ni Wayan Sinah ada di dalam rumah. Mereka semuanya selamat.

Perbekel Desa Duda Timur I Gede Pawana, Kelian Banjar Batu Gede I Wayan Wirta, dan warga masyarakat melakukan penanganan awal. “BPBD belum melakukan penanganan, tetapi sudah kami laporkan, janjinya melakukan penanganan, Jumat (22/1)," jelas I Wayan Wirta.

Sedangkan pohon kelapa sepanjang 25 meter dengan diameter 25 cm yang tumbang di Banjar Yeh Poh, Desa/Kecamatan Manggis menimpa rumah Ni Wayan Rauh, 62, yang saat itu tinggal sendirian. Sebab anak-anaknya tinggal di Denpasar. Atap bangunan hancur diterjang batang pohon kelapa. Perbekel Desa Manggis I Wayan Partika Suyasa bersama anggota DPRD Karangasem dari Daerah Pemilihan Karangasem III (Kecamatan Manggis) I Wayan Tama melakukan pemantauan di lokasi kejadian. “Kejadiannya sekitar pukul 00.20 Wita, syukurnya pemilik rumah selamat, tidak ada yang terluka," kata Wayan Partika Suyasa.

Musibah lainnya pohon beringin panjang 25 meter dengan diameter 1 meter tumbang menimpa piasan Pura Subak Abian Pemungkahan di Banjar Bunglada, Desa Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu, hanya rusak bagian atap. Selebihnya pohon perindang jalan tumbang di Banjar Sampiang, Lingkungan Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, panjang 18 meter dan diameter 50 cm tumbang ke Jalan Raya Amlapura-Denpasar.  

Begitu juga pohon santen yang tumbang di Banjar Perasi Kelod, Desa Pertima, Kecamatan Karangasem yang dilaporkan I Wayan Putu Yadnya menimpa jalan raya. Pohon santen yang tumbang di pertigaan Banjar Tegallanglangan, Desa Datah, Kecamatan Abang melintang di jalan Amlapura-Singaraja. "Sebagian pohon tumbang telah tertangani TRC BPBD Karangasem selebihnya penanganan dilanjutkan Jumat (22/1)," jelas Kalak BPBD Ida Ketut Arimbawa.

Setelah tuntas melakukan penanganan dilanjutkan penyerahan bantuan untuk warga yang rumahnya tertimpa pohon. "BPBD telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan PMI untuk menyerahkan bantuan kepada korban pohon tumbang," tambahnya. *k16

loading...

Komentar