nusabali

Tahun 2021, Disnaker Fokus Gelar Pelatihan Wirausaha

  • www.nusabali.com-tahun-2021-disnaker-fokus-gelar-pelatihan-wirausaha

GIANYAR, NusaBali
Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Gianyar tahun 2021 akan fokus melakukan pelatihan kewirausahaan.

Hal ini menyusul peningkatan angkatan kerja, namun minim lapangan pekerjaan. Kepala Disnaker Gianyar Anak Agung Dalem Jagaditha, Kamis (21/1), mengatakan meski memastikan ada kenaikan pengangguran dalam pandemi ini, namun dia tidak merinci angka pengangguran tersebut, begitu juga jumlah lapangan dan angkatan kerja di awal tahun. "Terkait data rinci, sesungguhnya BPS (Badan Pusat Statistik) yang menyajikan. Cuman kemarin kami konfirmasi, sajian kabupaten tidak tersajikan, hanya provinsi," ungkapnya.

Terkait rancangan program tahun 2021, Agung Jagaditha mengatakan tetap mengupayakan program perbaikan ekonomi. Kepelatihan bisa dijadikan basis berskema perluasan kesempatan kerja. ‘’Apa langkah kita, sementara angkatan kerja ini kan terus tumbuh. Maka yang kami lakukan adalah membangun kewirausahaan," ujarnya.

Apakah wirausaha masih bisa diandalkan dalam masa krisis ini? Jagaditha menegaskan, pihaknya tetap optimistis kewirausahaan akan bisa tetap eksis, dan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Gianyar. "Kami ambil tingkat UMKM, karena kebutuhan masyarakat kan saling mengisi. Terutama kebutuhan makanan olahan, itu yang ada dan maksimalkan dengan pendekatan pemasaran lokal," jelasnya.

Kuota untuk pelatihan kewirausahaan ini 96 orang, dan yang sudah mendaftar sebanyak 34 orang. "Pelatihannya non boarding atau belajar di ruang kelas, di bagi per kelas 16 orang," tandasnya.*nvi

loading...

Komentar