nusabali

Adi Arnawa Harapkan Dukungan Semua Pihak Sukseskan Pembangunan Jalan Lingkar Selatan

  • www.nusabali.com-adi-arnawa-harapkan-dukungan-semua-pihak-sukseskan-pembangunan-jalan-lingkar-selatan

MANGUPURA, NusaBali
Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa, mengharapkan dukungan semua pihak untuk menyukseskan proyek jalan lingkar selatan (JLS), yang telah tertuang dalam RPJMD Semesta Berencana Badung 2016-2021.

Pembangunan jalan ini diproyeksikan untuk menghubungkan pariwisata di Badung Selatan, mengingat merupakan pintu gerbang utama pariwisata Pulau Bali. Terlebih Bali saat ini menjadi tujuan penyelenggaraan Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) Internasional, sehingga diperlukan dukungan infrastruktur yang memadai.

Mengingat Kabupaten Badung, baru pertama kali melaksanakan proyek dengan sistem kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU), Adi Arnawa mengharapkan dukungan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) serta semua pihak yang terlibat, sehingga proyek KPBU ini bisa berjalan lancar sesuai aturan yang berlaku.

Harapan tersebut disampaikan Adi Arnawa didampingi tim penanggung jawab proyek kerjasama (PJPK) Kabupaten Badung, saat mengikuti rapat virtual project development facility (PDF), KPBU jalan lingkar selatan (JLS) dengan Direktorat Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur Kemenkeu, PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII) dan para konsultan terkait, dari Ruang Rapat Sekda Puspem Badung, Kamis (21/1).

Adi Arnawa mengatakan, proyek JLS sangat strategis dan telah tertuang dalam RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Badung tahun 2016-2021. Disamping itu, katanya, proyek JLS merupakan janji politik Bupati kepada masyarakat, dalam rangka membangun pariwisata Badung, yang sustainable. Sekaligus membuka kawasan pariwisata baru dan mengurangi kemacetan di wilayah Badung Selatan.

Menurut Adi Arnawa dukungan dari pemerintah pusat melalui Kemenkeu ini sangat berarti, mengingat kondisi Badung, yang mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata, saat ini terkupul akibat dari pandemi Covid-19. “Tentu dengan adanya dukungan dari Kemenkeu dalam proyek JLS maupun dukungan dari pihak lainnya, kami berharap proyek ini bisa dilaksanakan sesuai harapan bersama,” kata Adi Arnawa.

Birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, itu berharap semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu. “Dengan demikian, Badung bisa bangkit kembali untuk memenuhi segala kewajiban dalam proyek KPBU ini,” tegas Adi Arnawa yang notabene mantan Kadispenda Badung itu.

Sedangkan perwakilan dari Direktorat Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur Kemenkeu, Insyafiah, menyampaikan rapat kick off PDF proyek KPBU JLS ini sangat penting, dan berharap seluruh pekerjaan fasilitas KPBU ini ke depannya bisa berjalan lancar. Pihaknya, juga menyampaikan komitmennya untuk menyukseskan proyek ini, sehingga apa yang menjadi harapan Kabupaten Badung, agar proyek ini segera terbangun dan dapat direalisasikan.

Sementara itu perwakilan dari PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII), Tanti Hidayati, menyampaikan terima kasih karena sudah menunjuk PT PII dalam melakukan pendampingan proyek Jalan JLS. “Untuk mengoptimalkan pendampingan proyek JLS, pihaknya melibatkan konsultan yang profesional, sehingga nantinya proyek ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan aturan dan harapan bersama,” kata Hidayati. *asa

Komentar