nusabali

Jalan Pelabuhan Bias Munjul Dilebarkan Jadi 7 Meter

  • www.nusabali.com-jalan-pelabuhan-bias-munjul-dilebarkan-jadi-7-meter

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung akan melebarkan jalan dari 3 meter menjadi 7 meter, sepanjang 1,3 km, dari pelabuhan Bias Munjul ke Jembatan Kuning, dan Jalan Lingkar di Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, sepanjang 3,5 km.

Karena pembangunan Pelabuhan Bias Munjul harus didukung infrastruktur jalan yang memadai.  Guna mendukung rencana itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kembali menyosialisasikan kepada warga dan pemilik lahan di sekitar proyek pembangunan, di SDN 2 Lembongan, Selasa (19/1) malam. Bupati Suwirta didampingi Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Anak Agung Gede Lesmana, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) I Made Jati Laksana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) I Ketut Suadnyana, Kepala Dinas Pariwisata Klungkung AA Gede Putra Wedana, Camat Nusa Penida Komang Widiasa Putra.

Bupati Suwirta  meminta kepada warga merelakan lahannya yang terkena rencana pelebaran jalan tersebut. Apalagi kedepan pembangunan pelabuhan ini akan menghasilkan efek multiplier bagi masyarakat sekitar. "Rencana pelebaran jalan ini tidak terlepas dari upaya mendukung infrastruktur akses menuju Pelabuhan Bias Munjul yang sedang dibangun. Terkait juga dengan perencanaan jangka panjang menjadikan pulau ini sebagai green energi," ujar Bupati Suwirta

Bupati Suwirta mengucapkan terimakasih kepada warga yang sudah mendukung dan merelakan tanahnya demi kepentingan bersama. "Kalau tidak didukung dengan infrastruktur memadai Nusa Ceningan dan Lembongan tidak akan bertahan lama. Restoran, villa-vila dan penginapan di sini akan menjadi kenangan," ucap Bupati asal Nusa Ceningan ini.

Pelabuhan Bias Minjul akan terkoneksi dengan Pelabuhan Sampalan di Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida,  dan Pelabuhan Sanur, Kota Denpasar. Pembangunan pelabuhan segitiga emas tersebut menggunakan dana APBN melalui Kementerian Perhubungan, Rp 555 miliar. Rinciannya, Pelabuhan Sanur dengan anggaran Rp 376 miliar, Pelabuhan Bias Munjul Rp 97 miliar, dan Pelabuhan Sampalan Rp 82 miliar. Pelabuhan Sampalan dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Penida ditargetkan selesai akhir tahun 2021. Pelabuhan Sanur di Pantai Matahari Terbit Sanur, ditarget rampung pertengahan 2022. *wan

loading...

Komentar