nusabali

Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di RSD Mangusada Penuh

  • www.nusabali.com-ruang-isolasi-pasien-covid-19-di-rsd-mangusada-penuh

RSD Mangusada berharap memanfaatkan gedung baru, untuk bisa menunjang pelayanan bagi masyarakat. Sebab, kondisi beberapa ruangan dipakai perawatan pasien Covid-19.

MANGUPURA, NusaBali
Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada di Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi, Badung, menambah ruang isolasi pasien Covid-19. Ruangan yang ada sekarang kondisinya penuh.

“Kami sedang mengubah skenario pemanfaatan ruangan, karena kondisi saat ini banyak pasien Covid-19. Ruang Janger, kami manfaatkan untuk ruang isolasi. Kami sediakan 40 tempat tidur di sana,” kata Direktur Utama (Dirut) RSD Mangusada dr Ketut Japa, pada Rabu (20/1).

Menurut dr Japa, Ruang Oleg dengan jumlah 20 bed, yang khusus menanganai pasien Covid-19 sudah penuh. Ruangan intensive care unit (ICU) Covid-19, sebanyak 4 bed juga penuh. Begitu juga Instalasi Gawat Darurat (IGD) khusus pasien Covid-19 dengan jumlah 20 bed, hampir terisi semua. “Semuanya penuh. Termasuk ruangan ICU Covid-19, yang kami sediakan dengan 4 bed juga penuh per hari ini (kemarin) pukul 13.15 Wita. Namun, untuk NICU Covid-19, yang kami sediakan 4 bed masih kosong, karena ruangan itu khusus untuk pasien dibawah satu bulan,” jelas dr Japa.

Rumah sakit milik pemerintah, itu sangat berharap bisa segera memanfaatkan gedung baru di RSD Mangusada, untuk bisa menunjang pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Sebab, kondisi beberapa ruangan dipakai untuk perawatan pasien Covid-19.

“Rencana akan dimanfaatkan. Namun, karena gedung belum dilengkapi sejumlah fasilitas, kami tidak bisa menggunakan. Apalagi belum diserahkan ke kami. Sementara gedung baru kami manfaatkan untuk proses vaksinasi saja, dan sudah meminta izin dengan Dinas PUPR,” kata dr Japa.

Sekadar diketahui, perkembangan kasus positif Covid-19 di Bali masih terus naik. Per Rabu (20/1), kasus positif Covid-19 di Bali bertambah sebanyak 494 orang, sembuh 246 orang, meninggal 6 orang, dan masih dalam perawatan sebanyak 2.637 orang. Pada hari yang sama, di Kabupaten Badung, terjadi penambahan kasus positif sebanyak 60 orang, yakni 10 orang Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dan 50 orang kasus transmisi lokal. Total kumulatif kasus positif Covid-19 di Kabupaten Badung kini menjadi 4.203 orang. Sementara, angka sembuh bertambah sebanyak 40 orang, meninggal 1 orang, dan masih dalam perawatan berjumlah 634 orang. *ind

Komentar