nusabali

Ditinggal Kondangan, Rumah Warga Kayuputih Terbakar

  • www.nusabali.com-ditinggal-kondangan-rumah-warga-kayuputih-terbakar

SINGARAJA, NusaBali
Sebuah rumah milik Ketut Sedani, 70, di Banjar Dinas Sinalud, Desa Kayuputih, Kecamatan Sukasada, Buleleng, nyaris ludes terbakar pada Minggu (17/1) sore.

Peristiwa kebakaran yang belum diketahui pasti penyebabnya ini terjadi saat rumah ditinggal oleh pemiliknya pergi kondangan.

Kapolsek Sukasada, Kompol Wayan Sartika mengatakan, kebakaran di rumah semi permanen milik Ketut Sedani ini diketahui kali pertama oleh tetangganya pada pukul 17.00 Wita. Saat itu tetangga korban melihat ada kepulan asap dari dalam rumah korban, yang dalam keadaan kosong.

Setelah dicek, kobaran api tersebut ternyata berasal dari dua buah kasur di dalam kamar korban yang terbakar. "Kemudian warga setempat memberikan pertolongan dengan memadamkan api secara manual dan mengeluarkan kasur milik korban," kata Kompol Sartika saat dikonfirmasi Senin (18/1) siang.

Beruntung api berhasil dipadamkan sesaat setelahnya dan tak sampai merembet ke perabotan lainnya di rumah korban serta rumah tetangga. "Atas kejadian tersebut kebakaran tidak sampai merembet ke rumah sebelah, dan hanya menyebabkan dua kaca jendela rumah pecah. Kerugian ditaksir mencapai Rp 5 juta," bebernya.

Kompol Sartika mengatakan, penyebab kebakaran belum bisa dipastikan karena dari penanganan sementara tidak ditemukan tanda-tanda penyebab baik konsleting listrik maupun sisa pembakaran dupa. "Jadi, saat kebakaran itu terjadi, korban sedang kondangan di rumah kerabatnya di Desa Tegal Linggah," tandasnya.

Sementara itu, Perbekel Desa Kayuputih, Gede Gelgel Ariawan membenarkan telah terjadi kebakaran di rumah salah satu warganya. "Beruntung warga sekitar dengan cepat mengetahui kejadian sehingga cepat melakukan penanganan darurat dengan mendobrak rumah dan memadamkan api," katanya.

Dia menambahkan, pihak desa telah mengecek kondisi rumah korban pasca kebakaran dan memberikan bantuan. "Tadi kami bersama dinas terkait sudah menyalurkan bantuan paket sembako dan kebutuhan lainnya untuk membantu meringankan beban korban," tutup Perbekel Gede Gelgel.*m

loading...

Komentar