nusabali

Mega Instruksikan Kader Jaga Alam dan Lingkungan

  • www.nusabali.com-mega-instruksikan-kader-jaga-alam-dan-lingkungan

JAKARTA, NusaBali
Ketum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri menilai kerusakan lingkungan yang terjadi di Indonesia sudah teramat parah dan harus diperbaiki mulai dari kesadaran setiap individu rakyat Indonesia.

Untuk itu, Megawati menginstruksikan agar kader PDIP menjaga alam dan lingkungan. HUT PDIP ke 48 tahun pun menjadi moment untuk mengusung tema gerakan lingkungan bertajuk Cinta Ciliwung Bersih sebagai bentuk membersihkan sungai-sungai se-Indonesia dan sekitarnya.

"Kehidupan berpartai politik bukan hanya untuk politik saja. Politik itu hanya sebuah alat perjuangan mencapai kehidupan yang kita inginkan, yang kita perjuangan. Tentu di kami adalah menegakkan Pancasila dan memperjuangan rakyat Indonesia, bangsa Indonesia menjadi lebih sejahtera. Dengan demikian inisiatif saya, termasuk membersihkan sungai," kata Megawati melalui keterangan tertulisnya, Senin (18/1).

Megawati pun merasa jengkel dengan mereka yang suka buang sampah sembarangan dan hidup ogah menjaga lingkungannya. Presiden Kelima RI itu mengharapkan rakyat Indonesia bisa meniru masyarakat Jepang mengenai disiplin menjaga kebersihan.

Mereka selalu membawa tas atau kresek sehingga ketika habis makan, sampah dibuang ke tempat itu. Selanjutnya dibuang ke tong sampah. Berbeda dengan di Indonesia yang membuang sampah tidak pada tempatnya seperti ke sungai-sungai yang mengakibatkan banjir saat hujan.

Melalui HUT PDIP, kata putri Proklamator RI Bung Karno itu, menjadi refleksi untuk kembali melakukan bersih-bersih sungai. PDIP juga menggandeng sejumlah aktivis lingkungan termasuk para peraih Kalpataru. Megawati menyatakan sejak dulu sudah mendorong agar Indonesia peduli terhadap kelestarian lingkungan melalui Yayasan Kebun Raya Indonesia. Saat menjabat sebagai wakil presiden, Megawati juga mendorong agar kebun raya berada di setiap daerah. Saat ini, lanjut dia, sekitar 40 kebun raya sudah terbentuk yang di dalamnya penuh dengan flora dan fauna. *k22

loading...

Komentar