nusabali

Shin Tae-yong Besarkan Hati Pemain

Bima Sakti Terima Keputusan AFC Batalkan Piala Asia

  • www.nusabali.com-shin-tae-yong-besarkan-hati-pemain

JAKARTA, NusaBali
Pelatih tim nasional Indonesia U-19 Shin Tae-yong membesarkan hati para pemainnya setelah AFC membatalkan turnamen Piala Asia U-19, di Uzbekistan, yang awalnya dijadwalkan pada Maret 2021.

Sedangkan pelatih Timnas U-16 Bima Sakti menerima keputusan AFC membatalkan Piala Asia U-16. "Kepada pemain kami harap tetap semangat, bekerja keras dan terus berikan hasil yang maksimal saat latihan maupun bertanding," ujar Shin, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Minggu (17/1).

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, anak-anak asuhnya masih dapat bermain di turnamen lain bersama timnas yang lebih senior. Salah satu kompetisi internasional yang dapat diikuti, yakni SEA Games 2021 di Vietnam pada akhir 2021.

"Karier mereka masih panjang dan banyak turnamen atau kompetisi yang akan diikuti," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong sendiri menyayangkan Piala Asia U-19 tahun 2021 dibatalkan, menyusul keputusan serupa untuk Piala Dunia U-20 2021. Padahal Timnas U-19 sudah bersiap untuk dua turnamen tersebut sejak awal 2020. Mereka bahkan sudah menjalani tiga kali pemusatan latihan (TC) di luar negeri, yakni di Thailand, Kroasia dan Spanyol.

Namun, pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu menerima sepenuhnya kebijakan dari AFC. Menurutnya, Timnas U-19 sudah persiapan satu tahun dengan dukungan luar biasa dari PSSI. Sayang Piala Dunia U-20 dan Piala AFC U-19 harus batal.  

“Para pemain sudah menunjukkan perkembangan yang baik dan hasil yang maksimal," tutur Shin Tae-yong..

Sementara itu, pelatih Timnas U-16 Bima Sakti menerima dengan lapang dada keputusan AFC untuk membatalkan Piala Asia U-16 yang awalnya dijadwalkan pada April 2021.

"Ini sudah jadi keputusan FIFA dan AFC. Tidak ada hal yang sia-sia dari persiapan skuatnya selama satu tahun terakhir," ujar Bima Sakti, di laman PSSI, Minggu.

Timnas U-16  menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di Piala Asia U-16, juga menjalani laga ujicoba internasional kontra tuan rumah Uni Emirat Arab. Bima yakin akan ada manfaatnya di kemudian hari.

“Tim ini punya prospek yang bagus dan masa depan yang cerah untuk timnas kelompok usia selanjutnya," kata Bima.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan juga membesarkan hati para pemain timnas U-16 dan U-19 yang pada tahun 2021 tak berkompetisi di Piala Asia. Menurutnya, pembatalan tersebut bukan akhir bagi pemain timnas U-19 dan timnas U-16.

“Mereka bisa juga naik level ke kelompok umur selanjutnya. Pemain harus selalu kerja keras, disiplin dan memberikan hasil yang maksimal di setiap kesempatan," tutur Iriawan.

Pada Jumat (15/1), Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi membatalkan turnamen Piala Asia U-16 dan U-19 yang sedianya digelar masing-masing pada April serta Maret 2021. AFC akan menggulirkan kembali turnamen tersebut pada tahun 2023 dengan nama dan kelompok umur baru.

Untuk Piala Asia U-16 menjadi Piala Asia U-17 2023 dan digelar di Bahrain, sementara Piala Asia U-19 menjadi Piala Asia U-20 2023 dengan Uzbekistan tetap menjadi tuan rumah. *ant

loading...

Komentar