nusabali

Puslag Kempo Kurangi Fitnes

  • www.nusabali.com-puslag-kempo-kurangi-fitnes

GIANYAR, NusaBali
Atlet kempo Program Pusat Latihan Atlet Gianyar (Puslag) Gianyar mengurangi jadwal fitnes pada tahun 2021.

Sebab, sebelumnya latihan fitnes dua kali seminggu selama setahun lebih. Yakni, titap Rabu dan Minggu.  "Tahun ini belum ada jadwal latihan fitnes tiap minggu. Kami sengaja mengurangi jadwal fitnes untuk atlet Puslag. Selanjutnya latihan mulai masuk program teknik," kata Waketum Perkemi Kabupaten Gianyar, I Ketut Sada, Minggu (17/1).

Menurut Ketut Sada, saat ini latihan 21 kenshi Gianyar sesuai kategori yang akan diikutinya, yakni Randori (perkelahian bebas terbatas) dan Embu (kerapian teknik). Jadi, saat ini lebih menitikberatkan pada teknik sesuai kategori masing-masing. Jadi latihan fitnes tidak ada lagi.

Sebab, kata Ketut Sana, sebelumnya penuh dengan penguatan otot, baik kaki dan lengan. Jadi sekarang ini menjaga fisik melalui latihan teknik. Sebab latihan teknik juga menguatkan otot bila dillakukan berulang kali.

"Sekarang memang fokus mematangkan teknik. Teknik sesuai kategori yang diikutinya. Kalau Randori berarti teknik yang menjurus perkelahian terbatas, kan Embu yakni kerapian tekniknya lebih bagus lagi," tutur Ketut Sada.

Untuk beberapa bulan ke depan, kata Ketut Sada, tetap latihan dua kali seminggu. Sekalian evaluasi perkembangan atlet, lalu mulai Maret mengarah peningkatan volume, dari dua kali seminggu jadi tiga kali seminggu.

Menurut Ketut Sada, peningkatan latihan sesuai petunjuk KONI Gianyar, setelah Puslag tetap dilanjutkan pada 2021 ini, dan diwajibkan menambah volume latihan. Selanjutnya pada Maret semua kenshi mendapat vaksin, sehingga akan leluasa latihan. Meskipun protokol kesehatan dijalankan, namun sudah ada rasa nyaman karena mendapatkan vaksin Covid-19. *dek

Komentar