nusabali

Dies Natalies ke-28, Undiksha Wujudkan IRUEL

  • www.nusabali.com-dies-natalies-ke-28-undiksha-wujudkan-iruel

SINGARAJA, NusaBali
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menggelar puncak perayaan Dies Natalies ke-28, Minggu (17/1).

Puncak perayaan tersebut ditandai dengan sidang senat terbuka. Rektor Undiksha, Prof I Nyoman Jampel mengatakan, Undiksha terus melakukan langkah-langkah strategis untuk mewujudkan program yang telah menjadi kesepakatan bersama, salah satunya menjadi International Reputable University in Education and Leadership (IRUEL).

Dijelaskan, untuk mencapai program tersebut diperlukan dukungan dari seluruh civitas akademika dari tingkat fakultas maupun program studi. Program-program yang dirancang juga harus sejalan dan arahnya memperkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi. "Apa telah disusun dalam program yang belum terkait dengan IRUEL, harus dilakukan suatu revisi. Dan ini sudah dilakukan oleh masing-masing fakultas dan unit-unit," sebutnya.

Lebih lanjut disampaikan, program tersebut sebagai salah satu pondasi untuk mempercepat mewujudkan visi Undiksha. Program yang dirancang, menurutnya juga selalu didukung kebersamaan dan keharmonisan. "Dengan seperti itu kami yakin tidak akan capai tahun 2045, tetapi bisa lebih awal. Target saya, maksimal tahun 2035, telah menjadi universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia," ucap Nyoman Jampel.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Nyoman Jampel juga memberikan penghargaan klasterisasi fakultas. Fakultas Teknik dan Kejuruan berhasil menyabet peringkat pertama. Program ini digulirkan untuk memperkuat kapasitas universitas serta klasterisasi universitas di tingkat nasional. "Saat ini Undiksha berada di klaster II. Klasterisasi fakultas ini sebagai media evaluasi kinerja sekaligus embrio untuk meningkatkan klasterisasi perguruan tinggi," kata dia.

Nyoman Jampel kembali mengajak mahasiswa untuk bersama meningkatkan kualitas universitas melalui prestasi maupun menyukseskan program yang telah dirancang, salah satunya fast track program yang bekerja sama dengan Ming Chi University of Technology, Taiwan. "Undiksha juga bekerjasama dengan perguruan tinggi lain di luar negeri. Untuk itu diharapkan mahasiswa dapat terus meningkatkan kualitas, seperti menguasai bahasa asing," tutupnya.

Puncak perayaan diisi dengan orasi ilmiah profesor purnabhakti yang menghadirkan narasumber oleh Prof Ni Putu Ristiati, dengan materi peran mikrobiologi pada perbaikan kesehatan masyarakat melalui pendidikan. Sebagai penutup, rangakaian Dies Natalis akan diisi dengan gelar seni, Minggu (17/1). Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. *m

Komentar