nusabali

Citra Nusantara Jadi Lagu Pariwisata Indonesia

  • www.nusabali.com-citra-nusantara-jadi-lagu-pariwisata-indonesia

DENPASAR, NusaBali.com
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng musisi Indra Lesmana mengangkat keindahan alam wisata Indonesia melalui lagu berjudul ‘Citra Nusantara’. Lagu ini akan mengangkat khususnya lima destinasi super prioritas yakni Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo.

Lagu Citra Nusantara adalah karya musik ciptaan Indra Lesmana, yang liriknya ditulis oleh Hon Lesmana pada Desember 2020 lalu. Karya ini kemudian dikembangkan menjadi sarana perekat hubungan sosial budaya, jejak karya kriya, perdamaian, persatuan yang sesuai dengan program Kemenparekraf.

Musisi Indra Lesmana, mengatakan bahwa melalui lagu ini dirinya ingin mengangkat keindahan alam dan ragam budaya Indonesia, khususnya di lima destinasi super prioritas tersebut. “Karya ini ingin menampilkan kolaborasi musik dan suara dari berbagai seniman musik Indonesia dan gambaran pemandangan keindahan lima destinasi super prioritas dan beberapa lokasi lainnya di Indonesia bersama kekayaan alam, keragaman budaya, kerukunan dan semangat kreativitas masyarakat dalam berkarya,” ujar Indra dalam pertemuan Zoom bersama Kemenparekraf pada Minggu (10/1/2021) lalu.

Lebih lanjut, Indra berharap bahwa lagu Citra Nusantara dapat menjadi semangat bagi para pendengar dalam berbagai situasi. "Saya ingin membuat lagu ini bukan hanya  bicara keadaan pandemi saat ini, tapi membuat lagu yang kira-kira bisa menyemangati kembali sebagai bangsa yang besar bahwa kita ini bisa hidup sekarang ini karena kebesaran bangsa ini. Kebersamaan, gotong royong, kedamaian, yang kita sampaikan lewat lagu ini. Kemudian ini bisa menjadi kekuatan baru, terutama generasi milenial yang saya anggap saat ini sudah lama enggak dapat lagu seperti ini," imbuhnya.

Lagu Citra Nusantara sendiri rencananya akan digarap dengan melibatkan banyak musisi di tanah air untuk mengisi vokal laki-laki dan perempuan hingga orchestra yang mengiringinya. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyambut baik karya musik dari Indra Lesmana. Sandiaga menyatakan Kemenparekraf akan mendukung kesuksesan lagu tersebut.

"Saya intinya akan all out support serta teman-teman nanti kita cari gimana bisa wujudkan ini lebih cepat karena kita kan lagi prihatin nih Covid-19. Dan kita ingin ada kegiatan yang membangkitkan semangat dari pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata," ujar eks Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2017-2018 ini. Sandiaga menyarankan untuk memanfaatkan tokoh influencer dalam memasarkan lagu Citra Nusantara sehingga lagu tersebut dapat diterima oleh masyarakat luas dan bahkan bisa mendunia. Selain itu, Sandiaga juga berharap masyarakat bisa ikut terlibat dalam proyek lagu Citra Nusantara Ini. Ia mengusulkan terutama pada masyarakat di lima destinasi wisata super prioritas.

Sementara itu, Indra Lesmana menggaet Eva Celia, putri kandungnya, untuk ikut mengisi vokal dalam lagu ini. Lagu Citra Nusantara juga sudah bisa didengarkan platform musik digital. Lagu ini pun cukup kuat dengan kesan musik tradisional khas Indonesia, seperti rindik dan gamelan.*cla

Komentar