nusabali

RTH Bung Karno Akan Dituntaskan Tahun Ini

  • www.nusabali.com-rth-bung-karno-akan-dituntaskan-tahun-ini

SINGARAJA, NusaBali
Proyek pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bung Karno yang berada di Kelurahan/Kecamatan Sukasada Buleleng, tahap terakhir rencananya dituntaskan tahun ini.

Proyek RTH Bung Karno ini sebelumnya sempat tertunda dua tahun karena masalah teknis dan pandemi Covid-19. Dinas Lingkungan Hidup (LH) Buleleng yang kini menaungi urusan RTH sedang menunggu pembahasan menyeluruh dari konsultan perencana sebelum diserahkan ke Badan Layanan Umum (BLU) untuk dibuka proses tender proyek.

Kepala Dinas LH Buleleng Putu Ariadi Pribadi, dikonfirmasi pada Jumat (15/1), mengatakan pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 16 miliar, untuk menuntaskan proyek RTH terbesar di Buleleng ini. Anggaran itu bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Bali.

“Saat ini detail engineering design (DED) sudah rampung setelah direview, setelah ini akan ada rapat pembahasan dengan konsultan perencana terkait teknis. Targetnya Februari dokumen sudah masuk ke BLP untuk dibuka lelang,” jelas Putu Ariadi.

Mantan Camat Gerokgak ini menjelaskan anggaran belasan miliar rupiah untuk menuntaskan proyek RTH Bung Karno, akan dipakai untuk melanjutkan pembuatan patung yang belum tuntas. Selain itu juga melanjutkan pengerjaan patung singa di open stage, jogging track hingga wantilan, dan proses finishing lainnya.

“Proses pembuatan patung sifatnya melanjutkan, karena beberapa bagian patung pada tahapan sebelumnya sudah selesai, di bagian kepala dan kaki, tetapi belum tercatat sebagai aset statusnya masih konstruksi dalam pekerjaan, sehingga yang belum selesai bagian badannya sifatnya melanjutkan saja,” ucap Putu Ariadi.

Untuk penuntasan patung saja, masih memerlukan anggaran sekitar Rp 800 juta. Namun rekanan yang akan mengerjakan bagian patung yang belum tuntas, diserahkan penuh pada pemenang tender. Proses lelang yang dilakukan oleh BLU juga diserahkan sepenuhnya untuk mendapatkan pemenang yang betul-betul kredibel dan benar mampu dari spesifikasi dan material. Sehingga harapannya tak terulang kembali kasus proyek tak dapat diselesaikan penyedia karena tak mapan dari segi modal.

Sementara itu target Februari masuk daftar lelang, diharapkan pada April sudah ada pemenang. Sehingga penuntasan proyek RTH Bung Karno dapat mulai dikerjakan pada pertengahan tahun ini. “Ya mudah-mudahan semuanya lancar, harapannya Desember 2021 nanti sudah tuntas dan bisa diresmikan,” tutur Putu Ariadi. *k23

loading...

Komentar