nusabali

Kurang Optimal di Pilkada, Sujanayasa Dicopot NasDem dari Kursi DPRD Karangasem

Kekalahan Mas Sumatri Makan Korban

  • www.nusabali.com-kurang-optimal-di-pilkada-sujanayasa-dicopot-nasdem-dari-kursi-dprd-karangasem

AMLAPURA, NusaBali
Kekalahan pasangan I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Made Sukerana, Cabup-Cawabup yang diusung Golkar-NasDem-Gerindra-Demokrat-Perindo-PKS di Pilkada Karangasem 2020, mulai makan korban.

DPD NasDem Karangasem rekomendasikan copot I Kadek Sujanayasa dari keanggotaan Fraksi NasDem DPRD Karangasem, karena dianggap tidak bekerja optimal di Pilkada 2020.

Usulan untuk pergantian antar waktu (PAW) Kadek Sujanayasa dari keanggotaan DPRD Karangasem 2019-2024 sudah dilayangkan DPD NasDem Karangasem ke DPP NasDem, melalui Surat Nomor 051.S1/NasDem-Kr Asem/XII/2020 tertanggal 14 Desember 2020. Surat tersebut ditandatangani Ketua DPD NasDem Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri (yang notabene Calon Bupati di Pilkada 2020) dan Sekretaris DPD NasDem Karangasem, I Made Juita.

"Kami hanya mengusulkan kader yang kurang optimal bekerja di Pilkada Karangasem 2020 supaya di-PAW. Kader yang kami usulkan itu atas nama I Kadek Sujanayasa," jelas Ketua DPD NasDem Karangasem, IGA Mas Sumatri, saaat dihubungi NusaBali di kediamannya di Banjar Gede, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Rabu (13/1) siang.

Menurut Mas Sumatri, usul ‘pemecatan’ Kadek Sujanayasa dari keanggotaan DPRD Karangasem itu dilakukan berdasarkan hasil evaluasi partai. "Semua kader NasDem dievaluasi kinerjanya. Nanti kan tergantung DPP NasDem, apakah usulan itu disetujui atau tidak," tandas Mas Sumatri, Cabup incumbent yang kini masih menjabat Bupati Karangasem 2016-2021.

Dalam Pilkada Karangasem, 9 Desember 2020 lalu, Mas Sumatri-Made Sukerana secara mengejutkan ditumbangkan oleh pasangan I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa, Cabup-Cawabup yang diusung PDIP-Hanura. Mas Sumatri-Sukerana bahkan keok dengan perolehan suara kisaran 42,70 persen. Padahal, Mas Sumatri adalah calon incumbent yang diusung koalisi besar berkekuatan 66,66 persen dari total 45 kursi DPRD Karangasem hasil Pileg 2019. Dari 8 kecamatan di Karangasem, Mas Sumatri-Sukerana hanya unggul di Kecamatan Kubu.

Sementara itu, Kadek Sujanayasa mengaku belum tahu perihal surat DPD NasDem Karangasem yang usulkan pemecatan dirinya dari keanggotaan DPRD Karangasem. "Saya belum tahu, saya belum dapat informasi dari partai. Terima kasih atas infonya," ujar Sujanayasa saat dikonfirmasi NusaBali terpisah di Amlapura, Rabu kemarin.

Sebelum ada usulan PAW, Sujanayasa mengakui kurang optimal berjuang di Pilkada Karangasem 2020. Alasannya, Sujanayasa pegang jabatan sebagai Ketua DPW Garda Pemuda NasDem Bali, sehingga fokus perjuangannya bukan hanya di Karangasem, tapi juga di 5 kabupaten/kota lainnya yang menggelar Pilkada 2020, yakni Badung, Denpasar, Tabanan, Jembrana, dan Bangli.

Sujanayasa sendiri merupakan politisi NasDem asal Banjar Pakel, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, Karangasem, sekampung dengan Calon Wakil Bupati Karangasem terpilih dari PDIP, I Wayan Artha Dipa. Sujanayasa sempat menjabat Ketua DPD NasDem Karangasem 2014-2017, sebelum kemudian jabatannya diambil-alih IGA Mas Sumatri. Pasca lengser dari kursi Ketua DPD NasDem Karangasem, Sujanayasa menjabat sebagai Ketua DPW Garda Pemuda NasDem Bali sejak 2017.

Mantan Ketua DPC NasDem Kecamatan Sidemen ini sudah dua periode duduk di DPRD Karangasem Dapil Karangasem III (Kecamatan Selat-Kecamatan Rendang-Kecamatan Sidemen). Pada Pileg 2014, dia lolos ke DPRD Karangasem 2014-2019 dengan perolehan 3.944 suara. Sedangkan dalam Pileg 2019, Sujanayasa lolos ke DPRD Karangasem 2019-2024 dengan perolehan 3.407 suara.

Calon pengganti Kadek Sujanayasa dengan status PAW di Fraksi NasDem DPRD Karangasem nanti adalah I Komang Putra Adnyana STP. Politisi NasDem asal Banjar Putung, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat ini berhak menggantikan Sujanayasa, karena dia adalah caleg berikutnyua dengan suara terbanyak di antara yang gagal lolos hasil Pileg 2019 lalu. Saat itu, Putra Adnyana menempati peringkat tiga peraih suara terbanyak di internal caleg NasDem Dapil Karangasem III, dengan perolehan 1.538 suara.

Berdasarkan hasil Pileg 2019, NasDem hanya kebagian 3 kursi dari total 11 kursi yang diperebutkan di Dapil Karangasem III. Tiga kursi tersebut masing-maisng diraih I Made Agus Kertiana dengan 6.008 suara, I Kadek Sujanayasa (3.407 suara), dan I Gusti Lanang Agung Ariawan (2.949).

Sedangkan Putra Adnyana yang meraih 1.538 suara, gagal lolos bersama 7 caleg NasDem lainnya, yakni I Gusti Ngurah Alit (1.286 suara), I Made Purna (979 suara), Ida Bagus Darma Wibawa Putra (804 suara), Ni Ketut Kertiasih (172 suara), Like Theresia Lesly (19 suara), Ida Ayu Made Purnamika (18 suara), dan I Gusti Agung Ayu Sukma Sanjiwani (16 suara). Sesuai aturan, manakala ada anggota Dewan yang di-PAW, maka Putra Adnyana berhak menggantikannya dari NasDem Dapil Karangasem III.

Saat dikonfirmasi NusaBali, Rabu kemarin, Putra Adnyana mengaku sudah mendengar ada kabar DPD NasDem Karangasem mengajukan usulan PAW untuk gantikan Kadek Sujanayasa di DPRD Karangasem. "Tapi, informasi lebih lanjut saya belum tahu," kilah Putra Adnyana yang kini Wakil Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milenial DPD NasDem Karangasem. *k16

loading...

Komentar