nusabali

Dua Jabatan Eselon II Buleleng Lowong

  • www.nusabali.com-dua-jabatan-eselon-ii-buleleng-lowong

SINGARAJA, NusaBali
Dua jabatan strategis di lingkup Pemkab Buleleng saat ini sedang lowong. Kedua Jabatan itu yakni Kepala Inspektorat Buleleng dan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Buleleng. Pejabat sebelumnya baru saja memasuki masa pensiun, sehingga saat ini masih diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt).

Jabatan Kepala Inspektorat Buleleng sebelumnya diisi oleh Putu Yasa, menjadi lowong setelah pejabat eselon II itu pensiun per 1 Januari 2021 kemarin. Saat ini posisinya diisi sementara oleh Asisten I Setda Buleleng Putu Karuna. Sedangkan sebulan sebelumnya per 1 Desember 2020, Kepala Dinas Arpusda Buleleng dr Ni Made Sukarmini juga mengakhiri masa jabatannya karena pensiun. Jabatan Kepala Dinas Arpusda Buleleng saat ini diisi oleh Plt yang dijabat Asisten III Setda Buleleng Nyoman Genep.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng I Gede Wisnawa dihubungi Selasa (12/1) kemarin mengatakan, sudah bersurat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendapatkan rekomendasi. Hal ini berlaku khusus untuk pejabat yang duduk di Inspektorat dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. "Kami sudah kirimkan surat ke Kemendagri. Karena ada pengecualian khusus untuk pergantian pejabat di Inspektorat dan Disdukcapil, itu harus ada rekomendasi Mendagri. Tidak bisa seperti pergantian pejabat eselon II pada umumnya," jelas Wisnawa.

Mantan Sekwan DPRD Buleleng ini pun mengatakan setelah turun rekomendasi dari Mendagri, BKPSDM baru akan berproses ke Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN).  Proses yang dimaksudkan untuk pengisian jabatan yang lowong. "Kami fokus selesaikan urusan di Kemendagri dulu. Setelah itu tuntas dan dapat rekomendasi baru ke KASN untuk lelang jabatan," sebut dia.

Selain dua jabatan eselon II yang lowong saat ini, Wisnawa juga menyebutkan akan ada pejabat eselon II yang menyusul memasuki masa pensiun tahun ini. Pejabat yang menyisakan masa jabatannya beberapa bulan lagi yakni Kepala Dinas Kesehatan Buleleng I Gusti Nyoman Mahapramana. Dia akan mengakhiri masa kerjanya diakhir April 2021 mendatang. Pejabat kedua yang juga akan memasuki masa pensiun tahun ini yakni, Staf Ahli Bupati I Putu Tastra Wijaya. Mantan Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng ini disebut sudah pensiun per 1 Oktober 2021 mendatang. Kepala BKPSDM Wisnawa mengaku, belum mendapat informasi terkait persiapan penggantian dua jabatan yang juga akan lowong tahun ini. "Dua jabatan ini (Kadiskes dan Staf Ahli,red) sudah kami sampaikan ke pak Bupati. Tetapi belum ada informasi lebih lanjut apakah nanti akan dilakukan bersamaan dengan lelang jabatan Kadis Arpusda dan Inspektorat, kami masih menunggu kebijakan dari atasan," jelas Wisnawa.k23

loading...

Komentar