nusabali

Kasus Covid-19 Melonjak, Sekda Gianyar Akui Kebobolan

  • www.nusabali.com-kasus-covid-19-melonjak-sekda-gianyar-akui-kebobolan

GIANYAR, NusaBali
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya mengaku kebobolan atas lonjakan kasus Covid-19 di Gianyar.

Pengakuan itu diungkapkan dalam rapat di ruang sidang 1 kantor Bupati Gianyar, Selasa (12/1). Hadir dalam rapat Kapolres Gianyar AKBP l Dewa Made Adnyana, Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro, dan unsur Yonzipur 18/YKR.

Sekda Wisnu Wijaya mengakui kebobolan pada upaya pencegahan/preventif. Dikatakannya masyarakat mulai mengabaikan protokol kesehatan (prokes), dan tim satgas juga mulai kendor menggencarkan sosialisasi.

“Kata kuncinya adalah sosialisasi, kenapa? Di preventif kita kebobolan, padahal di recovery kita sudah bagus, menyiapkan ruang isolasi kita tidak pernah kewalahan, bufferstock juga kita tidak kewalahan, kita sudah bedah tadi bersama-sama nampaknya yang kekurangan di masyarakat adalah sosialisasinya,” ujar Wisnu Wijaya.

Dari rapat koordinasi tersebut disimpulkan bahwa masyarakat harus menerapkan dengan ketat prokes. Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten hingga tim satgas gotong royong di tingkat desa diminta agar kembali menggalakkan imbauan, mengingatkan masyarakat bahwa pandemi masih ada.

Sekda Wisnu Wijaya juga mengakui covid-19 masih merebaknya di Gianyar. Maka itu, pihaknya memandang perlu mengefektifkan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Lebih khusus lagi, mengatensi persembahyangan malam Siwaratri, Anggara Pon Kelawu, Selasa (12/1) malam.

Khusus pelaksanaan Hari Siwaratri, Kapolres Gianyar AKBP l Dewa Made Adnyana mengatakan pihaknya bersama dengan TNI telah memantau dan mengamankan titik-titik yang ramai dikunjungi masyarakat. Pihaknya mendirikan tenda di Tirta Empul sebagai posko karena Tirta Empul biasanya ramai pengunjung/pamedek saat hari raya.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan vaksinasi untuk nakes di Gianyar akan dilakukan secara serentak mengikuti jadwal nasional, di mana vaksinasi tahap I dilakukan mulai Januari-April 2021. Penjemputan vaksin dilakukan Dinas Kesehatan dengan pengawalan dari pihak kepolisian dan TNI. Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, jumlah vaksin untuk Kabupaten Gianyar pada tahap I ini sebanyak 8.480 vial. "Jumlah vaksin tahap pertama yang kita terima  4.210, diutamakan nakes," ujar Plt Dinas Kesehatan Gianyar, Ida Komang Upeksa, yang juga Dirut RSUD Sanjiwani Gianyar. *nvi

Komentar