nusabali

Kawal Vaksin Covid-19, Polres Buleleng Siagakan 302 Personel

  • www.nusabali.com-kawal-vaksin-covid-19-polres-buleleng-siagakan-302-personel

SINGARAJA, NusaBali
Polres Buleleng telah menyiapkan personelnya untuk mengamankan dan mengawal pendistribusian vaksin Covid-19 di Kabupaten Buleleng.

Vaksin nantinya akan diamankan 24 jam penuh dan dikawal pendistribusiannya hingga tingkat kecamatan. Ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terhadap vaksin.

Kabag Ops Polres Buleleng Kompol Anak Agung Wiranata Kusuma, menyampaikan sebanyak 302 personel Polres Buleleng nantinya bakal dikerahkan dalam proses pengawalan, pengamanan di tempat penyimpanan, dan pendistribusian vaksin. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Buleleng terkait hal ini.

“Kami sudah siapkan personel untuk mengawal dan mengamankan vaksin yang akan didistribusikan dari Provinsi Bali ke Kabupaten Buleleng. Nantinya kami akan kerahkan 302 personel untuk kegiatan pengamanan dan pengawalan, dengan protap ketat. Dalam prosesnya nanti juga melibatkan personel dari Polda Bali,” kata Kompol Wiranata, Selasa (12/1) siang.

Dia menambahkan, sebagian personel tersebut juga akan ditugaskan pengamanan 24 jam vaksin Covid-19 di tempat penyimpanan cold room Laboratorium Mikrobiologi Dinas Kesehatan yang berlokasi di Desa Baktiseraga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng. Setiap pergeseran vaksin juga akan dikawal hingga ke 4 rumah sakit dan 20 puskesmas.

Kompol Wiranata mengaku belum mengetahui pasti kapan kedatangan vaksin Covid-19 di Buleleng. “Kapan waktu pengiriman vaksin menuju ke Buleleng, belum ada informasi ke kami. Kami masih menunggu kepastian waktu pendistribusian ke Buleleng. Namun, kami sudah siap akan melakukan pengawalan agar prosesnya berjalan dengan aman dan lancar,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Gede Suyasa, mengatakan vaksinasi di Buleleng tahap pertama akan menyasar tenaga kesehatan (nakes). Baik itu di rumah sakit (RS) pemerintah maupun RS swasta. Termasuk klinik-klinik dan juga apotek. “Kami vaksin nakes dan nakes pendukung terlebih dahulu,” ujar Suyasa.

Kata dia, sembari menunggu kedatangan vaksin, pihaknya telah menyiapkan tempat penyimpanan vaksin Covid-19. Rencananya penyimpanan akan dilakukan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng di Jalan Serma Karma Desa Baktiseraga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng. “Soal pendistribusian kami masih menunggu jadwal,” tandas Suyasa yang juga Sekda Buleleng. *m

loading...

Komentar