nusabali

Dinas Kesehatan Siapkan 1 Kulkas Penyimpan Vaksin

  • www.nusabali.com-dinas-kesehatan-siapkan-1-kulkas-penyimpan-vaksin

Pendistribusian vaksin menuju 15 lokasi layanan menggunakan cool pack.

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Kesehatan Karangasem hanya sediakan 1 kulkas tempat penyimpanan vaksin Covid-19. Kulkas dengan suhu 2-8 derajat celcius itu dengan kapasitas 1.000 vial. Tempat penyimpanan sementara di Gudang Obat Banjar Desa Tengah, Desa/Kecamatan Bebandem. Begitu imunisasi dilaksanakan, vaksin langsung dikirim ke 15 lokasi tempat imunisasi.

Kadis Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, mengungkapkan satu kulkas kapasitas 1.000 vial sudah cukup untuk penyimpanan vaksin Covid-19. Kulkas yang digunakan sesuai standar, bersuhu 2-8 derajat celsius. Sehingga vaksin tetap aman disimpan sesuai kondisi alam Indonesia. Penyimpanan vaksin sesuai arahan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jika disimpan di kulkas, vaksin bisa bertahan 3 tahun. Sedangkan vaksin yang telah dibuka dan siap pakai, hanya bertahan hingga 6 jam.

Gusti Bagus Putra Pertama mengungkapkan, pendistribusian vaksin menuju 15 lokasi layanan menggunakan cool pack, sehingga vaksin sebelum disuntikkan tetap steril. “Pendistribusian vaksin sinovac dari Provinsi Bali belum dilakukan, kami sifatnya menunggu,” kata Gusti Bagus Putra Pertama, Selasa (12/1). Sedangkan di Karangasem, teknis pelaksanaan imunisasi telah siap di 15 lokasi pelayanan. Tiap lokasi melibatkan empat tenaga medis.

Gusti Bagus Putra Pertama menegaskan, pelayanan imunisasi Covid-19 menyasar 232.173 orang. Tahap awal menyasar 2.582 orang tenaga kesehatan, selanjutnya 229.591 orang di luar tenaga kesehatan yakni TNI, Polri, ASN, dan warga yang umurnya 18-59 tahun. “Vaksin akan dijaga petugas selama 24 jam. Pasca imunisasi juga telah kami antisipasi dampak KIPI dari imunisasi tersebut,” imbuh Gusti Bagus Putra Pertama. KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi) dimaksud itu yakni reaksi tubuh akibat vaksin yang disuntikkan.

Teknis dan tempat pelaksanaan imunisasi berdasarkan kajian ITAGI (Indonesia Technical Group on Immunization). Ada 15 lokasi imunisasi yakni 12 Puskesmas, 2 rumah saki,t dan 1 KKP (Kepala Kesehatan Padangbai). Terpisah, Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini memimpin Apel Kesiapan Pengamanan dan Pengawalan Vaksin Covid-19 di Lapangan Tanah Aron Amlapura, Jalan Ngurah Rai. Apel dihadiri Dandim Karangasem Letkol Inf Bima Santosa, Kadis Kesehatan Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama, dan pejabat lainnya. “Polres Karangasem selain mengamankan jalannya imunisasi, juga mengamankan vaksin selama 24 jam di tempat penyimpanan,” kata Kapolres AKBP Ni Nyoman Suartini. *k16

loading...

Komentar