nusabali

Penumpang ke Nusa Penida Membeludak

Hari Ini, Pujawali di Pura Penataran Ped

  • www.nusabali.com-penumpang-ke-nusa-penida-membeludak

Petugas terus mengingatkan agar penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 di pelabuhan secara ketat.

SEMARAPURA, NusaBali

Penyeberangan dari Pelabuhan di Pantai Kusamba, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan - Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, meningkat signifikan karena penumpang membeludak, Selasa (12/1). Kondisi ini menyusul persiapan Pujawali di Pura Penataran Ped, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung pada Buda Cemeng Klawu, Rabu (13/1) ini.

Kepadatan penumpang di antaranya terpantau di Pelabuhan Tribhuana, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, sejak pagi hingga siang hari. Perwira Jaga Syahbandar Pelabuhan Kusamba I Nengah Warnata mengatakan, dari pagi hingga siang, sudah tercatat 15 kali penyeberangan ke Nusa Penida. Jika hari biasanya penyeberangan rata-rata 5 kali keberangkatan.

Diprediksi lonjakan penumpang akan terjadi hingga Rabu (13/1) ini, atau bertepatan dengan Pujawali di Pura Penataran Ped. "Arus baliknya biasanya pada Kamis (14/1)," ujar Warnata.

Karena penumpang membeludak, lanjut dia, petugas terus mengingatkan agar penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 di pelabuhan secara ketat. Bahkan boat dibatasi hanya diperbolehkan mengangkut penumpang maksimal 80 persen, dari kapasitas total boat.

Untuk diketahui, penumpang membeludak tersebut sebagian besar adalah warga Nusa Penida yang merantau di Bali, terutama di wilayah Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Klungkung, dan lainnya. Karena Piodalan di Pura Penataran Dalem Ped, mereka terpanggil untuk pulang sekaligus dapat ngayah, dan ngaturang bhakti di pura setempat. *wan

loading...

Komentar