nusabali

Kemenag Agendakan Lomba Tingkat SD hingga SMA

  • www.nusabali.com-kemenag-agendakan-lomba-tingkat-sd-hingga-sma

AMLAPURA, NusaBali
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Karangasem mengagendakan beragam lomba mulai tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK se-Karangasem.

Rencana lomba-lomba keagamaan antar siswa ini disepakati dalam rapat bersama KKG (kelompok kerja guru) SD, MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) SMP dan SMA/SMK di aula Kantor Kemenag Karangasem, Jalan Untung Surapati Amlapura, Senin (11/1). Lomba cerdas cermat dan lainnya disepakati secara offline, tatap muka langsung dengan pembatasan peserta.

Ketua MGMP Agama Hindu SMP Karangasem, Gede Rupawan, mengajukan usulan tiga jenis lomba yakni Tri Sandya, yoga, dan kramaning sembah. “Nanti bisa melakukan seleksi dulu mulai tingkat kecamatan,” kata Gede Rupawan. Sedangkan tingkat SD disepakati menggelar dua lomba yakni Puja Tri Sandya dan bercerita keagamaan. Lomba tingkat SMA/SMK yakni dharma wacana, dharma gita berpasangan, dan karya tulis ilmiah dengan tema Panca Yadnya di era Covid-19.

Pengawas SMA/SMK, I Ketut Seken, berikan masukan pentingnya lomba karya tulis ilmiah untuk tingkat SMA/SMK. “Tema Panca Yadnya di era Covid-19 ini sangat bermanfaat untuk mengedukasi masyarakat agar yadnya bisa jalan dan terhindar dari Covid-19,” kata Ketut Seken. Sementara Kepala Kantor Kemenag Karangasem Ida Bagus Mastika didampingi Kasubag Tata Usaha I Wayan Lipur dan Perencana Bimas Hindu Nyoman Astawa mengapresiasi masukan dari KKG, MGMP, dan pengawas. “Jenis lomba mesti sama dari tingkat kecamatan hingga kabupaten dengan pembatasan peserta, sehingga bisa dilakukan secara offline,” kata Ida Bagus Mastika.

Ida Bagus Mastika mengingatkan agar selama lomba tidak banyak membebani peserta. Maksudnya tidak banyak mengeluarkan biaya selama menjalani latihan. “Lomba Puja Tri Sandya, yoga, dan kramaning sembah sangat baik untuk anak-anak agar mereka memahami dan mengamalkannya,” kata Ida Bagus Mastika. Kasubag Tata Usaha, I Wayan Lipur, mengingatkan kegiatan dari tingkat SD hingga SMA/SMK sebagai bentuk implementasi dukungan jelang mengejar WBBM (wilayah birokrasi bersih melayani). *k16

loading...

Komentar