nusabali

Pancing Nyangkut di Kabel Tegangan Tinggi, Pemancing Tewas

  • www.nusabali.com-pancing-nyangkut-di-kabel-tegangan-tinggi-pemancing-tewas

NEGARA, NusaBali
Seorang pemancing, I Komang Sudarta, 43, ditemukan tewas di pinggir sungai sebelah areal tambak di Lingkungan Awen Mertasari, Kelurahan Lelateng, Kecamatan Negara, Jembrana, Senin (11/1) pagi.

Korban yang juga warga Lingkungan Awen Mertasari ini, tewas karena diduga tersengat listrik setelah joran pancingnya tersangkut kabel listrik tegangan tinggi di lokasi.

Mayat korban ini, pertamakali ditemukan oleh salah satu pengelola tambak di sebelah barat TKP,  I Nengah Wardana, 57, pada sekitar pukul 06.00 Wita. Saat itu, Wardana yang juga warga Lingkungan Awen Mertasari ini, datang ke TKP untuk membuka pintu air di tambak. Ketika sampai di TKP, Warda melihat ada sepasang sandal jepit baru di dekat pintu air tambak.

Selanjutnya, Wardana pun mengecek di sekeliling penemuan sandal tersebut. Begitu mengecek di sungai sebelah barat tambak, dia pun terkejut melihat adanya mayat seseorang mengambang dengan posisi tengadah, dan hanya terlihat jelas bagian badan ke bawah.

Sedangkan bagian kepalanya tenggelam di air. Melihat sesosok mayat itu, Wardana langsung melapor kepada Kepala Lingkungan (Kaling) Awen Mertasari yang kemudian meneruskan laporan ke pihak Kepolisian.

Begitu menerima laporan, petugas Unit Inafis Sat Reskrim Polres Jembrana langsung turun ke lokasi, dan melakukan evakuasi terhadap sosok mayat tersebut. Setelah dinaikkan ke tepi sungai, sosok mayat laki-laki itu pun diketahui adalah I Komang Sudarta, yang tidak lain merupakan warga lingkungan setempat.

Di sebelah jenazah, ditemukan sebuah joran pancing yang ujungnya sudah dalam keadaan patah terbakar karena diduga terkena kabel listrik tegangan tinggi di atas posisi mayat saat ditemukan. Dugaan itu juga diperkuat adanya bekas patahan joran pancing yang terbakar pada bagian kabel listrik di lokasi.

Kasat Reskrim Polres Jembrana, AKP Yogie Pramagita, saat dikonfirmasi Senin kemarin, mengatakan, sesuai keterangan kakak korban, I Putu Sugamya, 52, sebelum ditemukan tewas Senin kemarin, korban yang bekerja di perusahaan pembibitan ayam milik PT Charoen Pokphand Jaya Farm di Lingkungan Awen Mertasari, meninggalkan rumah setelah pulang kerja pada Minggu (10/1) sekitar pukul 16.00 Wita.

Saat meninggal rumah itu, korban yang masih bujang ini, pergi memancing. “Korban meninggal diduga tersengat aliran listrik karena joran pancing yang dibawa korban sempat tersangkut kabel listrik di sekitar lokasi. Kemungkinan saat tersengat listrik itu, korban terpental dan jatuh ke sungai,” ucap AKP Yogie.

Menurut AKP Yogie, warga sekitar tambak memperkirakan peristiwa korban tersengat listrik itu, terjadi pada Minggu (10/1) sekitar pukul 16.45 Wita. Perkirakan waktu kejadian itu,  karena pada Minggu sore itu sempat terjadi ledakan pada Gardu PLN di sebelah barat TKP. Begitu juga ditemukan sepeda motor merk Honda Revo milik korban yang diketahui sudah parkir sejak Minggu sore. “Dari keluarga sudah mengikhlaskan kejadian itu sebagai musibah. Keluarga menolak dilakukan otopsi, dan kami serahkan jenazah korban ke pihak keluarga,” ujarnya. *ode

Komentar