nusabali

TNI Bedah Rumah Nelayan Disabilitas

  • www.nusabali.com-tni-bedah-rumah-nelayan-disabilitas

SINGARAJA, NusaBali
Kodim 169/Buleleng menggaandeng Buleleng Social Comnity (BSC) kembali membedah rumah warga yang kondisinya cukup memperihatinkan.

Bantuan bedah rumah diberikan kepada Ketut Suma, 65, warga Banjar Dinas Pabean Desa Sangsit Kecamatan Sawan Buleleng. Ketut Suma yang seorang nelayan itu dibantu karena kondisi ekonominya memaksanya harus tinggal di rumah tak layak huni.

Ketut Suma merupakan seorang penyandang disabilitas yang mengalami kelumpuhan pada kedua kakinya. Namun kondisinya itu tak membuatnya malas. Selama ini dia mengais rejeki dengan menjadi seorang nelayan. Di gubuk deritanya dia hanya tinggal bersama istri Ketut Sari,60.

Untuk menunjang pemenuhan kebutuhan sehari-hari Sari pun mengumpulkan rongsokan di sekitar tempat tinggalnya. Malangnya lagi pasutri ini tak dikaruniai seorang anak pun sehingga mereka sejauh ini hanya berupaya berdua saja.

Kondisi memprihatinkan Ketut Suma kemudian terpantau Kodim 1609/Buleleng dan diputuskan untuk dibantu bedah rumah dengan menggandeng BSC. Kegiatan sosial itu pun mendapat dukungan penuh dan bantuan dana dari Danrem 163/Wirasatya Brigjen TNI Husein Sagaf. Peletakan batu pertama pun dihadiri langsung oleh Danrem Brigjen TNi Husein Sagaf bersama Nyonya Fetty Husein Sagaf dan Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto, Sabtu (9/1).

Danrem 163/Wirastya, Brigjen TNI Husein Sagaf, usia peletakan batu pertama mengatakan bantuan bedah rumah ini sepenuhnya akan dikerjakan oleh anggota Kodim 1609/Buleleng.

Aksi sosial itu disebutnya merupakan keharusan yang selalu dijalankan anggota TNI untuk membantu masyrakat yang sedang mengalami kesulitan. “Ini adalah salah satu dari delapan kewajiban TNI. Kepedulian TNI kepada rakyat saat menghadapi kesulitan, apalagi degan tinggal di rumah tidak layak begini kasihan,” ungkap Brigjen TNI Husein Sagaf didampingi istri.

Sementara itu Ketua BSC Buleleng Eka Tirtayana mengatakan bantuan bedah rumah yang dihimpun dari sumbangan seluruh masyarakat yang peduli disalurkan untuk masyarakat kurang mampu. BSC selama enam tahun belakangan disebutnya selalu bersinergi dengan TNI dalam penyelesaian bangunan bedah rumah.

“Setiap tahun kami rutin berkolaborasi membantu masyarakat yang membutuhkan. Ini adalah bedah rumah pertama di tahun ini dan akan dilanjutkan ke desa lainnya juga,” kata Eka Tirtaya. Sedangkan Ketut Suma mengaku sangat bersyukur dan penuh haru atas bantuan dari TNI dan BSC yang membedah rumahnya. Dengan rumah yang layak huni nanti dia dan istrinya tak lagi kedinginan saat tidur di malam hari. *k23

loading...

Komentar