nusabali

Jembatan ke Pura Dalem Balingkang Termakan Usia

  • www.nusabali.com-jembatan-ke-pura-dalem-balingkang-termakan-usia

Wakil Gubernur Bali, Drs I Ketut Sudikerta, ’ditodong’ untuk perbaiki jembatan ke Pura Dalem Banglingkang di Desa Pakraman Pinggan, Kecamatan Kintamani, Bangli.

BANGLI, NusaBali

Permintaan perbaikan jembatan itu disampaikan langsung Bendesa Adat Pinggan, I Made Seden. Alasannya, jembatan tersebut sudah termakan usia. Umurnya lebih dari 40 tahun, sehingga perlu diperbaiki.

Seden mengungkapkan, jembatan menuju Pura Dalem Balingkang terasa bergoyang jika dilalui banyak pamedek. Sejumlah mur pada jembatan banyak lepas. Itu menandakan jembatan yang membentang di atas Tukad Melilit itu mendesak untuk diperbaiki. “Jangan sampai ada korban akibat jembatan termakan usia,” ungkap Seden, Minggu (13/11). Dikatakan, setiap pujawali di Pura Dalem Balingkang, ribuan krama dari seluruh Bali tangkil untuk bersembahyang.

Wagub  Sudikerta pun meminta pihak desa buat proposal permohonan bantuan. “Dalam satu minggu harus sudah ada proposal,” pinta Wagub Sudikerta usai sembahyang di Pura Dalem Balingkang, kemarin. Mengapa harus pekan ini? Menurut Wagub Sudikerta, gerak cepat terkait pembahasan RABPD Bali 2017 yang sudah mendesak. Dikatakan, jika  tidak bisa di anggaran Induk 2017, diupayakan pada APBD 2017 Perubahan. “Karena itu proposal harus secepatnya,” tegas Wagub Sudikerta.

Untuk diketahui, jembatan menuju Pura Dalem Balingkang merupakan jembatan pendek. Panjang sekitar 20 meter, lebar 1,5 meter membentang di atas Tukad Melilit yang mengelilingi Pura Dalem Balingkang. Kedalaman jurang Tukad Melilit dari bibir jembatan tidak kurang dari 15 meter. Jembatan ini merupakan satu-satunya akses menuju Pura Dalem Balingkang.  k17

loading...

Komentar