nusabali

Putri Koster Ajak Bersinergi dengan Pemprov Bali Tangani Pandemi Covid-19

Serah Terima Jabatan Local President of Junior Chamber Internasional Bali

  • www.nusabali.com-putri-koster-ajak-bersinergi-dengan-pemprov-bali-tangani-pandemi-covid-19

Menurut Putri Koster dalam tatanan Bali era baru kegiatan masyarakat tidak seperti sebelum pandemi melanda dunia, Sekarang semuanya ada tata cara beda.

DENPASAR, NusaBali

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ni Putu Putri Suastini Koster, mendorong anggota Junior Chamber Internasional (JCI) Bali untuk terlibat membantu pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19. Sebagai organisasi kepemudaan dunia non politik yang anggotanya ada di seluruh dunia, JCI diharapkan bersinergi dengan Pemprov Bali di masa Pandemi Covid-19 yang belum melandai ini.

Harapan itu disampaikan Putri Koster saat serah terima jabatan Local President of Junior Chamber Internasional (JCI) Bali di Gedung Ksirarnawa, Art Center Denpasar, Sabtu (9/1) pagi. Menurut Putri Koster dalam tatanan Bali era baru kegiatan masyarakat tidak seperti sebelum pandemi melanda dunia. Sekarang semuanya ada tata cara beda.

"Ada penerapan protokol kesehatan secara ketat, sehingga masyarakat secara bersama-sama dapat menekan penyebaran dan penularan Covid-19 di tengah masyarakat luas," ujar Putri Koster. Istri orang nomor satu di Bali ini mengatakan perjuangan akan selalu terlihat hasilnya apabila semua elemen masyarakat Bali menyatukan pikiran, cerdas, energitas, sinergitas dan kerjasama untuk Bali.  "Menuju tatanan yang lebih baik dengan pola pembangunan semesta berencana yang ada dalam Visi Misi  'Nangun Sat Kertih Loka Bali' dengan tujuan mengembalikan tatanan Bali menuju kesejahteraan masyarakat," ungkap Putri Koster.

JCI merupakan salah satu tempat menempa diri serangkaian membangunkan jiwa-jiwa yang masih tidur dan mati suri dengan semangat mempertahankan NKRI sebagai harga mati. "Untuk memperjuangkan sesuatu itu dengan cara melakukan hal kecil tetapi dengan cinta yang besar, yakni dengan tujuan dapat dirasakan banyak pihak, sehingga masyarakat luas akan mampu tersentuh dengan perhatian dan kasih sayang,"  terang Putri Koster, lagi.

"Di masa pandemi kita dapat menyentuh orang-orang yang sedang bingung agar bersama dapat melewati wabah ini," tambah seniman multitalenta ini. Sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Putri Suastini Koster juga meminta agar semua pihak ikut mengisi ruang kosong dalam membangkitkan UMKM Bali, sehingga dapat memutar kembali perekonomian semua pihak, tanpa melupakan pesan ibu, yakni menerapkan 3M (mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak). "UMKM kita di Bali gelar pameran di areal Ksirarnawa mengaktifkan pameran "Bali Bangkit. Saya harap JCI ikut berpartisipasi," tegas Putri Koster.

Putri Koster berharap JCI (Junior Chamber International) yang baru dilantik dapat bermanfaat bagi masyarakat Bali. "Semoga kepengurusan yang baru ini dapat lebih berkembang dan mampu menghasilkan kinerja yang lebih baik dari pengalaman-pengalaman yang dilalui sebagai dasar mengevaluasi program-program kerja yang akan dilaksanakan supaya lebih efektif, lebih produktif dalam berkarya, lebih inovatif, serta kerjasama yang baik dalam berorganisasi," ujar Putri Koster.

Putri Koster berharap Organisasi JCI yang didirikan di Amerika Serikat ini, terus berkembang seiring berjalannya waktu, sehingga dapat menjalankan tujuannya, yaitu menyebarluaskan kepada masyarakat dunia, bahwa setiap manusia mampu mengembangkan diri sepanjang punya tekad yang kuat.

"Setiap insan manusia sama kedudukannya, bahwa di dunia ini saling ketergantungan, bahwa dunia ini bukan milik perseorangan akan tetapi dunialah yang memiliki manusia. Tugas kita kerja kerja kerja dan biarkan alam yang menentukan hasil dan pahalanya," ujar mantan aktivis kelahiran Denpasar ini.

Sementara serah terima jabatan Local President of JCI Bali kemarin berganti dari I Gede Wira Hadibrata Putra kepada Putu Segara Merta. Dengan serah terima jabatan kemarin diharapkan menjadi momentum bangkitnya remaja Bali dalam membangun jati diri dilengkapi dengan keahlian dan keterampilan dalam menguasai persaingan global, khususnya dalam penguasaan informasi teknologi (IT) untuk menunjang kemampuan.

Di sela menghadiri serah terima jabatan Local President of Junior Chamber Internasional (JCI) di Gedung Ksirarnawa Art Center Denpasar, Sabtu kemarin, Putri Koster berkesempatan meninjau Pameran UMKM Bali Bangkit. Menurutnya, penataan pameran masih terus dilakukan. “Penataan masih terus ibu lakukan sehingga ada perubahan, jadi kesan seperti pasar malam di saat Pesta Seni. Jadi ini ibu tampilkan bergaya mall dengan harga small,” ungkapnya.

Sebagaimana pembinaan yang dilakukan di pameran ini, para pelaku IKM dan UMKM diharapkan agar menjadi lebih profesional. Produk yang dipasarkan, merupakan produk yang memiliki ciri atau personalitynya tersendiri. Juga, lebih profesional dalam hal manajemen dari segi display, harga, dan kualitas. *nat, cr74

Komentar