nusabali

Pohon Tumbang Tutup Akses Objek Tirtagangga

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-tutup-akses-objek-tirtagangga

AMLAPURA, NusaBali
Pohon belalu setinggi 20 meter dengan diameter 45 cm hingga menutup akses jalan Objek Wisata Tirtagangga di Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem, Jumat (8/1) sekitar pukul 09.00 Wita.

Arus lalulintas Amlapura-Singaraja juga sempat tutup karena evakuasi pohon cukup lama, sekitar 2 jam. Pohon tumbang dilaporkan ke BPBD oleh Perbekel Desa Ababi, I Wayan.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, datang bersama enam anggota membawa tiga chainsaw untuk evakuasi pohon tumbang. Selama melakukan penanganan, arus lalulintas terhenti dari kedua arah, sebab tidak ada jalan alternatif. Perbekel Desa Ababi, I Wayan Siki, mengatakan sebelumnya telah melaporkan kepada Dinas Lingkungan Hidup Karangasem agar pohon belalu ditebang. Tujuannya agar pengendara yang lalulalang merasa aman. Ternyata belum dapat respons dengan alasan kekurangan tenaga dan terbatasnya fasilitas.

Wayan Siki mengakui di jalur Objek Wisata Tirtagangga, Banjar Tanah Lengis, rawan tanah longsor dan pohon tumbang. Setiap musim hujan selalu terjadi tanah longsor dan pohon tumbang. Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, mengakui hal itu. Setiap musim hujan selalu terjadi pohon tumbang dan tanah longsor di sekitar kejadian itu. “Struktur tanahnya yang labil, subur, dan berair menyebabkan rawan longsor dan pohonnya tumbang, apalagi diguyur hujan lebat, pohon menahan beban berat,” katanya. Terakhir terjadi pohon tumbang di lokasi yang sama menimpa pengendara sepeda motor Ni Wayan Yowana Sari dari Banjar Ngis Kaler, Desa Tribuana, Kecamatan Abang, Senin, 21 Desember 2020. Akibat musibah itu, korban mengalami luka berat di kepala. *k16

Komentar