nusabali

Paspor RI Turun, No 5 di ASEAN

  • www.nusabali.com-paspor-ri-turun-no-5-di-asean

JAKARTA, NusaBali
Paspor Indonesia belum mengalami perubahan yang berarti selama 16 tahun terakhir.

Peringkat paspor Indonesia berada di urutan kisaran 60-70an. Henley Passport Index mulai memberikan peringkat kekuatan paspor pada tahun 2006. Belasan tahun silam, ranking paspor Indonesia ada di urutan ke-67.

Paspor Indonesia seperti tak punya kekuatan untuk meningkatkan akses bebas visa atau visa kedatangan dari tahun ke tahun. Kita pasti iri dengan negara tetangga yang jauh dan sangat lebih baik dari paspor hijau.

Pada tahun 2021, paspor hijau kebanggaan Indonesia ada di peringkat ke-74 dengan bebas visa ke 71 negara. Peringkat menurun namun jumlah negara bebas visanya stagnan atau tak ada perubahan.

Jangan terlalu bersedih, masih ada negara ASEAN yang ada di bawah paspor Indonesia. Negara yang paspornya lebih lemah seperti dikutip dari detikcom yakni Filipina di peringkat ke-77 dengan akses bebas visa ke 66 negara.

Kamboja dan Vietnam di peringkat ke-89 dengan akses bebas visa ke 54 negara. Laos di peringkat ke-93 dengan akses bebas visa ke 50 negara.

Terakhir Myanmar di peringkat ke-96 dengan akses bebas visa ke 47 negara. Jadi, kekuatan paspor Indonesia tak terlalu buruk. *

Komentar