nusabali

Uji Swab ASN di Tabanan Ditunda

  • www.nusabali.com-uji-swab-asn-di-tabanan-ditunda

TABANAN, NusaBali
Uji swab untuk ASN (aparatur sipil negara) di Pemkab Tabanan belum bisa rampung akhir Desember 2020 seperti yang diwacanakan sebelumnya.

Sampai saat ini ASN yang ikuti uji swab baru 1.048 dari jumlah 6.000an ASN di Tabanan. Namun kini, uji swab ASN itu ditunda sementara karena petugas uji swab masih menjalankan program dari Kementerian Kesehatan untuk persiapan vaksinasi Covid-19.

Asisten 2 Setda Tabanan AA Ngurah Trisna Dalem menjelaskan untuk sekarang swab test bagi ASN masih ditunda sementara. Jadwal tes ditunda sejak Senin (3/1) hingga 14 hari kedepan. Penundaan uji swab bagi ASN karena petugas dari Dinas Kesehatan sedang menjalankan kegiatan dari Kementerian Kesehatan. "Kami tunda sementara selama 14 hari ke depan, setelah itu dilanjut kembali," tegasnya.  

Menurutnya, jumlah ASN yang baru jalani swab test Covid-19 baru 1.048 orang dari yang ditarget 6.000 lebih. Dari jumlah yang sudah diuji swab, total 14 orang yang dinyatakan positif, mereka pun sudah sembuh dan sudah mulai bekerja. "Jadi yang dinyatakan positif dari yang 1.048 baru diuji swab 14 orang, mereka sudah sembuh," imbuh Trisna Dalem.

Disebutkan, ASN yang belum diswab memang masih banyak. Untuk di lingkungan Kantor Bupati Tabanan, ASN yang ada di Dinas Pendidikan Tabanan belum diswab. Kemudian di luar Pemkab Tabanan masih banyak, mulai dari ASN di Dinas Kominfo, Dinas Pertanian, Dinas Sosial. dan di masing-masing Kantor Camat. "ASN di luar Pemkab Tabanan yang sudah uji swab yakni ASN Kantor Camat Penebel dan Kantor Dinas Kebudayaan," tegasnya Trisna Dalem.

Mantan Kepala Dinas Koperasi dan UKM ini belum bisa memastikan kapan swab tes bagi ASN tuntas. Kata dia, uji swab bagi ASN bertahap. "Seperti tujuan awal sebelumnya, swab test bagi ASN dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dari klaster kantor. Sehingga para ASN bisa bekerja lebih fokus dan aman," tandasnya. *des

Komentar