nusabali

Istri Wakil Bupati Badung Belum Kembali Aktif Jadi Kadiskerpus

  • www.nusabali.com-istri-wakil-bupati-badung-belum-kembali-aktif-jadi-kadiskerpus

MANGUPURA, NusaBali
Pengaktifan kembali Ni Wayan Kristiani sebagai Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskerpus) Kabupaten Badung tengah diproses.

Sehingga saat ini posisi tersebut masih diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt). Seperti diketahui, Ni Wayan Kristiani selaku Kepala Diskerpus mengambil cuti di luar tanggungan negara lantaran mendampingi suami Ketut Suiasa yang maju sebagai Calon Wakil Bupati Badung dalam Pilkada Serentak 2020, 9 Desember lalu.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Badung Gede Wijaya, mengatakan pengaktifan kembali Ni Wayan Kristiani sebagai Kepala Diskerpus tengah diproses. “Masih proses. Selama sebelum selesai proses itu, berarti tetap harus memberlakukan Plt agar tidak kosong,” ujar Gede Wijaya, dikonfirmasi, Rabu (6/1).

Menurut Gede Wijaya, sesuai dengan ketentuan pada Perka BKN Nomor 24 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti PNS, ditegaskan bahwa PNS yang pasangannya (suami/istri) menjadi calon kepala daerah atau wakil kepala daerah, pada saat kampanye wajib mengajukan permohonan cuti di luar tanggungan negara.

“Karena itu Ibu Kristiani otomatis pada saat kampanye wajib mengajukan permohonan cuti di luar tanggungan negara. Sebagai Plt ditunjuk Kepala DPMPTST Badung Made Agus Aryawan,” kata Gede Wijaya.

Birokrat asal Kerobokan, Kuta Utara, ini menegaskan belum bisa memastikan sampai kapan kursi Kepala Diskerpus akan diisi Plt, lantaran proses pengaktifan kembali Ni Wayan Kristiani masih berjalan di Kemendagri dan BKN. Kendati masih dalam proses pengaktifan kembali, Gede Wijaya menegaskan status Ni Wayan Kristiani masih sebagai aparatur sipil negara (ASN).

“Statusnya masih sebagai PNS, artinya tidak menjalankan tugas sebagai kepala dinas saja, karena pengaktifannya masih proses. Kalau sudah selesai, kembali ke posisi semula,” tegasnya.

Sementara itu, Ni Wayan Kristiani saat dihubungi membenarkan dirinya saat ini tidak menjabat sebagai Kepala Diskerpus Badung. Dia mengatakan posisi Kepala Diskerpus dijabat oleh Plt Agus Aryawan. *ind

Komentar