nusabali

Renovasi Terminal Mengwi Rampung, Tunggu Hari Baik untuk Operasional

  • www.nusabali.com-renovasi-terminal-mengwi-rampung-tunggu-hari-baik-untuk-operasional

MANGUPURA, NusaBali
Renovasi Terminal Mengwi di Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Badung, khususnya di areal terminal keberangkatan bus antar kota antar provinsi (AKAP) telah rampung.

Meski sudah kelar, saat ini masih dilakukan pengerjaan beberapa piranti pendukung seperti penunjuk arah, pemasangan listrik, dan sebagainya. Saat ini pada areal terminal keberangkatan bus AKAP telah dilengkapi dengan tembok kaca serta ruangan ber-AC, fasilitas bermain anak, dan ruangan ibu menyusui. Disiapkan pula lokasi pengecekan suhu tubuh bagi penumpang sebelum diperbolehkan masuk ke dalam.

Kepala Terminal Mengwi I Putu Bagus Mudita, mengatakan proses renovasi sudah selesai pada 27 Desember 2020. Namun, masih ada beberapa pengerjaan piranti pendukung yang tengah dalam proses finishing.

Sembari menyelesaikan pengerjaan piranti pendukung, pihaknya juga sedang mencari hari baik untuk mulai memanfaatkan layanan terminal keberangkatan bus AKAP yang baru selesai direnovasi tersebut. “Nanti ada proses upacara secara agama Hindu. Yang pasti, bulan Januari ini akan dibuka,” katanya, Jumat (1/1).

Selain merenovasi areal terminal keberangkatan bus AKAP, kata Mudita, pembangunan pintu keluar yang dilengkapi dengan candi bentar juga sudah rampung, termasuk penataan lobby depan. Kemudian rencana ke depan akan dilakukan penataan parkir.

“Pembelian tiket di Terminal Mengwi ke depan juga akan dilakukan secara online. Jadi penumpang tidak akan membeludak, mereka pasti mengatur waktu pukul berapa dia datang dan pukul berapa dia berangkat,” jelas Mudita.

Sekadar mengingatkan, Terminal Mengwi direnovasi lebih modern dari yang sekarang. Proyek didanai pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Proyek renovasi Terminal Mengwi itu dikerjakan bertahap, yakni tahun 2020 direalisasikan anggaran sebesar Rp 15 miliar dan tahun 2021 sisanya sebesar Rp 20 miliar.

Pada 2020, renovasi Terminal Mengwi meliputi beberapa bagian seperti lobi, bagian terminal keberangkatan bus AKAP, parkir, dan pembuatan pintu keluar pada terminal. Untuk pintu keluar akan dilengkapi candi bentar atau gapura layaknya pintu masuk. Ukurannya pun hampir sama. Sehingga kendaraan, khususnya bus bisa leluasa melintas. *ind

Komentar