nusabali

Truk Sampah Sempat Mengular di TPA Suwung

Gara-gara Perbaikan Jalan yang Lembek Setelah Diguyur Hujan

  • www.nusabali.com-truk-sampah-sempat-mengular-di-tpa-suwung

Pembuangan sampah memang sempat tersendat karena permasalahan jalan, hal itulah yang membuat antrean panjang truk sampah di dalam TPA.

DENPASAR, NusaBali

Aktivitas truk-truk pengangkut sampah yang hendak masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung di Desa Pemogan, Denpasar Selatan sempat tersendat, Rabu (6/1) pagi. Truk yang hendak masuk harus antre hingga mengular cukup panjang. Kondisi tersebut disebabkan oleh aktivitas perbaikan jalan, sebab kondisinya sempat sangat lembek akibat hujan yang mengguyur.  

Informasi yang dihimpun antrean truk sampah hingga mencapai 100 meter terjadi sejak pukul 05.00 Wita hingga pukul 08.00 Wita. Setelah perbaikan jalan selesai, aktivitas keluar masuk truk pun lancar kembali. Kasi UPT TPA Suwung, Suripto, mengatakan lembeknya struktur jalan akibat dari hujan lebat yang mengguyur Kota Denpasar. Karena struktur jalan berada di atas sampah ketika musim penghujan dipastikan akan lembek. Selain itu, di bawah sampah juga menurut dia basah sehingga truk pengangkut sampah susah untuk melintas.

Dikatakan Suripto, jalan lembek tersebut dipastikan setiap musim penghujan akan menjadi kendala. Sebab, bahan yang digunakan untuk membuat jalan bersifat sementara. Dia mengaku, struktur tidak dibuat permanen karena jalan tersebut berada di tumpukan sampah yang merupakan perlintasan truk menuju pembuangan sampah ke lokasi utama.

Jika sampah semakin menggunung, dipastikan jalan tersebut akan tertimbun dan dibuatkan jalan lainnya. "Tadi tersendat itu karena jalannya lembek. Jalan itu masuk menuju ke pembuangan dan berada di atas sampah. Jadi, setiap hujan pasti lembek, karena itu kan tidak bersifat permanen," imbuhnya.

Dikatakan Suripto, tersendatnya pembuangan sampah tidak berlangsung lama dari pukul 05.00 Wita sampai pukul 08.00 Wita karena perbaikan jalan agar truk bisa melintas. "Setelah itu bisa melintas lagi, apalagi setelah siang kondisi jalan sudah mulai padat," imbuhnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa alias Gustra mengatakan pembuangan sampah memang sempat tersendat karena permasalahan jalan. Hal itu membuat antrean di dalam TPA. Tetapi tidak berlangsung lama dan tidak membuat gangguan pengangkutan sampah dari Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS).

Dikatakan Gustra tersendatnya proses pembuangan sampah hanya sampai sekitar pukul 09.00 Wita sudah kembali lancar. "Prosesnya kan hanya sebentar, untungnya nggak hujan, kalau hujan pasti antre lagi. Maklumlah karena jalan di tempat sampah. Siang sudah normal lagi, itu memang biasa kalau setiap musim penghujan," ungkapnya. *mis

loading...

Komentar