nusabali

Ayo Support ODGJ dengan Mengikuti Event Lari Run for Mental Health

  • www.nusabali.com-ayo-support-odgj-dengan-mengikuti-event-lari-run-for-mental-health

DENPASAR, NusaBali.com
Hope & Freedom – Run for Mental Health bekerja sama dengan Suryani Institute for Mental Health (SIMH) menggelar kegiatan virtual charity run. Kegiatan ini diadakan serentak oleh beberapa komunitas lari yang ada di Bali dan luar Bali pada Minggu (31/1/2021) mendatang.

Hope & Freedom – Run for Mental Health sendiri merupakan sebuah komunitas yang diprakarsai oleh tujuh  pelari Bali dari komunitas lari yang berbeda yaitu Dewi Suhendri, Vonny Thorley dan Kendrick Sumolang dari komunitas BURN; Ketut Indrawan (Bolla Colla Hash); Valentine Lily (Indorunner Bali); Judy Sena (Bali Trail Running); Gus Darmadi (Bali Hash); serta seorang fotografer yang juga merupakan relawan dari SIMH yaitu Rudi Waisnawa.

Dalam kegiatan ini Hope & Freedom – Run for Mental Health bekerjasama dengan SIMH, yang telah berdiri sejak tahun 2005 yang selama ini mendedikasikan diri melayani pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Bali tanpa ada pungutan biaya.

Masa pandemi memang menjadi masa terberat yang dialami hampir semua orang. Bahkan sebelum pandemi dengan keterbatasan fisik dan mental para ODGJ berat sudah mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka. Apalagi selama masa pandemi ini semakin sulit bagi mereka untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Berdasarkan data yang diperoleh dari relawan SIMH yang ada di lapangan, kebutuhan pokok ODGJ yang sangat medesak saat ini antara lain sandang, pangan, alat kebersihan dan alat tidur. Di mana perkiraan dana bantuan yang diperlukan untuk membantu ODGJ berat tersebut berkisar Rp 165 juta.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk penggalangan dana sosial yang akan disalurkan melalui SIMH, untuk diberikan kepada kurang lebih 81 ODGJ berat yang ada di Bali. Diharapkan bantuan ini dapat membantu mereka ODGJ berat untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok,” ungkap Rudi Waisnawa.

Kegiatan Run for Mental Health ini sendiri diungkap Rudi sudah pernah diadakan pada tahun 2018 lalu. “Justru dengan acara secara virtual ini, peserta dari seluruh Indonesia bisa ikut bergabung,” ujar Rudi.


Untuk menjadi peserta dalam kegiatan ini calon peserta harus mendaftarkan diri secara online dengan mengisi formular pendaftaran berikut ini: https://forms.gle/cpjqoMzmijqfJy486. Biaya registrasinya adalah Rp 100 ribu per orang. “Biaya registrasi ini sudah termasuk jersey dan sejumlah Rp 45 ribu akan disisihkan dari setiap biaya registrasi untuk charity,” jelas Rudi lagi.

Setelah mendaftar dan membayar biaya registrasi ke rekening bank yang ditunjuk, calon peserta diharapkan mengirim bukti transfer melalui email ke [email protected] untuk mendapatkan konfirmasi kepesertaan. Seluruh peserta yang sudah terkonfirmasi akan bergabung ke grup Strava club, Hope & Freedom, sehingga pada hari Minggu, 31 Januari 2021, semua peserta akan memposting kegiatan lari mereka sebagai bentuk dukungan kegiatan amal ini. *

Komentar