nusabali

Berawal dari Viral Sampah, Trash Hero Bersih-Bersih Pantai di Bali

  • www.nusabali.com-berawal-dari-viral-sampah-trash-hero-bersih-bersih-pantai-di-bali

MANGUPURA, NusaBali.com
Tumpukan sampah di sejumlah pantai di Bali pada awal tahun baru menjadi perhatian nasional. Komunitas aksi peduli lingkungan, Trash Hero, pun tergerak mempelopori kegiatan bersih-bersih pantai ini.

Salah seorang aktivisnya, Choir Huda, menyatakan dirinya mendapatkan kiriman foto tentang sampah yang ada di Pantai Kuta pada 31 Desember 2020. “Saya cross check dan telusuri dulu agar tidak hoax dan bisa dipertanggungjawabkan. Tanggal 1 Januari, mulai pagi sampai siang saya tidak berhenti pegang handphone dan saya viralkan,” ungkapnya.


Usaha pria yang akrab disapa Huda ini akhirnya membuahkan hasil. Pihak Kodam Udayana dan Polda Bali menurunkan pasukannya untuk membersihkan pantai. “Dari sore dilakukan bersih-bersih hingga mendapatkan beberapa puluh ton sampah,” ujarnya lagi.

Sebelumnya Trash Hero yang dibentuk sejak Mei 2019 dan memiliki 200an anggota ini bersama Sat Polair Gianyar sempat melakukan bersih-bersih pada 27 Desember di Pantai Gumicik, Ketewel, Gianyar.

Sementara itu, seorang remaja berdarah campuran Indonesia-Kanada, Emma Batty, yang juga anggota dan aktivis muda Trash Hero, sempat heboh di Tiktok akibat video bersih-bersih pantai yang ia unggah melalui akun pribadinya. Video ini ditonton oleh 30 ribu pengguna Tiktok.

“Aku pribadi memang sering share video di sosial media aku dan berharap bisa mengurangi penggunaan plastik dan lebih menyadari penggunaan plastik yang berlebihan. Saya juga berharap orang-orang bisa menjadi dampak bagi sekitarnya sendiri,” ujar perempuan berusia 16 tahun ini.

Emma sendiri sudah bergabung dengan Trash Hero sejak tahun 2019 lalu. Emma yang berdomisili di Jakarta ini memang sedang berlibur di Bali dan menyempatkan ikut bersih-bersih bersama tim Trash Hero. “Sudah seminggu dan setiap hari kita bersihkan. Tapi, setiap hari sampah tetap ada dan tetap sebanyak ini. Kita mencoba tracking via satelit juga dan sepertinya sampahnya tidak hanya dari Bali tapi dari seluruh Indonesia,” imbuhnya lagi.


Kegiatan bersih-bersih pantai juga sempat dilakukan komunitas Trash Hero di Kuta pada Selasa (5/1/2021) dan diikuti oleh sebanyak 200 orang relawan. “Kami bukan tukang bersih-bersih sampah. Tujuan utama kami ingin mengedukasi masyarakat agar bijak terutama dalam menggunakan sampah plastik. Kita tidak mau kan meninggalkan sampah untuk generasi kita di masa mendatang nanti,” tandas Huda.*cla

loading...

Komentar