nusabali

Imunisasi Covid-19 di Karangasem Sasar 232.173 Orang

  • www.nusabali.com-imunisasi-covid-19-di-karangasem-sasar-232173-orang

AMLAPURA, NusaBali
Kadis Kesehatan Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama menegaskan, pelayanan imunisasi Covid-19 di Karangasem menyasar 232.173 orang. Jumlah itu dibagi dua, sebanyak 2.582 orang tenaga kesehatan dan 229.591 orang di luar tenaga kesehatan atau warga yang umurnya 18-59 tahun.

Pelaksanaan imunisasi secara simbolis mulai dilakukan per Jumat (15/1) nanti. Gusti Bagus Putra Pertama menyebutkan, sasaran imunisasi tahap I yakni Bupati/Wakil Bupati Karangasem, Kapolres Karangasem, Dandim Karangasem, Ketua DPRD Karangasem, Kajari Amlapura, Ketua PN Amlapura, dan Sekda Karangasem. Tahap berikutnya menyasar tenaga kesehatan dan penunjang pelayanan kesehatan. Terdata 12 Puskesmas, 3 rumah sakit, klinik, dokter praktek, bidan praktek, klinik KB, dan lain-lain. Khusus untuk tenaga kesehatan, tenaga kantor sebanyak 63 orang, tenaga rumah sakit sebanyak 287 orang, tenaga Puskesmas sebanyak 497 orang, dan tenaga non pelayanan. “Bagi yang dapat giliran mengikuti imunisasi, sehari sebelumnya dapat SMS atau WA dari KPC PEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional),” ungkap Gusti Bagus Putra Pertama, Selasa (5/1).

Mengenai jadwal imunisasi lebih lanjut, akan diatur Puskesmas dan RSUD setelah vaksin Covid-19 datang. Secara keseluruhan sasaran yang diimunisasi adalah tenaga kesehatan, TNI, Polri, penegak hukum, petugas pelayanan publik, tokoh masyarakat, dan masyarakat yang umurnya 18-59 tahun. Semua itu telah terdaftar di pusat. Sedangkan Dinas Kesehatan Karangasem menyiapkan 52 tenaga kesehatan untuk pelaksanaan imunisasi Covid-19. Tenaga kesehatan itu bertugas di 12 Puskesmas dan RSUD Karangasem masing-masing 4 tenaga kesehatan. Juga tengah disediakan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan yang diperlukan.

Di setiap tempat imunisasi, Puskesmas dan rumah sakit, disediakan empat meja untuk empat petugas, masing-masing meja untuk pendaftaran peserta imunisasi, meja untuk observasi, meja untuk registrasi, dan meja untuk imunisasi. Teknis pelayanannya nanti, setelah warga mendaftar, dilakukan pengukuran tekanan darah, rapid tes, tes kolesterol, dan tes gula darah. Selanjutnya peserta dapat edukasi mengenai imunisasi Covid-19, peserta disuntikkan imunisasi Covid-19, meunggu reaksinya 30 menit, tujuannya melakukan antisipasi apabila terjadi KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi). Jika terjadi reaksi disiapkan penanganan lebih lanjut. Rata-rata tiap orang yang imunisasi memerlukan waktu satu jam, tiap shift petugas hanya mampu melayani maksimal 15 orang per hari.

Kepala Puskesmas Manggis II, dr I Gede Dera Eka Adnyana, mengaku telah siap ikut imunisasi. "Kami sudah siap ikut imunisasi bersama 50 tenaga kesehatan di Puskesmas Manggis II,” jelas dr I Gede Dera Eka Adnyana. Mengenai teknis dan tempat pelaksanaan pemberian imunisasi berdasarkan kajian ITAGI (Indonesia Technical Group on Immunization). Sebanyak 12 Puskesmas yang disiapkan sebagai tempat imunisasi Covid-19 yakni Puskesmas Karangasem I, Puskesmas Karangasem II, Puskesmas Bebandem, Puskesmas Selat, Puskesmas Rendang, Puskesmas Sidemen Puskesmas Manggis I, Puskesmas Manggis II, Puskesmas Abang I, Puskesmas Abang II, Puskesmas Kubu I, dan Puskesmas Kubu II. Satu lagi, RSUD Karangasem di Jalan Ngurah Rai Amlapura.  *k16

Komentar